Why taking photos ?

Semua orang memulai hobi fotografi dengan tujuan yang berbeda beda. Ada yang memulai karena ingin punya usaha sampingan. Ada pula yang bahkan ingin pindah sepenuhnya dari pekerjaan sekarang. Ada yang karena ingin dapat penghargaan / apresiasi (kurang kali ya di kerjaan biasa apresiasi nya wkwk). Sebagian lagi ingin menang lomba. Sebagian lagi hanya ingin menyalurkan hobby.

Tidak tahu my-ers termasuk yang mana. Tapi menurut saya penting untuk paham kita memulai karena apa dan tujuan akhirnya apa. Tanpa paham ini maka sering jadi stress sendiri bahkan jadi malas moto.

Devina-DSCF1437-web

Fuji X Pro 1 + XF 35mm f1.4 wide open – Tone by Photoshop
 

Kalau tujuan awalnya ingin punya usaha sampingan atau ganti profesi, maka pendapat dari customer sangat penting. Konsentrasi kita adalah bagaimana caranya menghasilkan foto yang customer puas. Sebagian berhubungan dengan persiapan (konsep, wadrobe, lokasi, make up, dll) yang baik, berhubungan juga dengan hubungan baik dengan pelanggan, berhubungan juga dengan post processing yang benar. Bahkan kadang berhubungan juga dengan gengsi peralatan yang digunakan.

Kalau tujuan akhirnya adalah apresiasi maka seringkali harus paham selera juri / umum. Perlu bisa mengikuti kemauan massal. Apa yang disukai oleh orang lain dan juri, itu yang terus dipoles.

Mengening_IMG_9020_DxO-web

Buat saya yang tujuan akhirnya adalah aktualisasi diri dan kesenangan saat motret, kadang saya “tidak peduli” dengan bagaimana umum melihat nya. Saya juga sebenarnya tidak terlalu perduli dengan menang lomba atau tidak. Bahkan ekstrem nya sebenarnya saya tidak terlalu ingin melakukan post processing, memotret nya adalah excitement nya. Saat di lapangan, jepret dan melihat hasil di LCD itu adalah kesenangan buat saya.

Dengan paham tujuan akhir dan apa yang membahagiakan buat diri kita sendiri maka kita bisa bergerak maju. Menjadi lebih baik. Belajar dan akhirnya mencapai sebagian kalau tidak semua yang kita harapkan.

Memahami bahwa tiap orang memiliki tujuan berbeda juga penting untuk kita paham bahwa tiap orang memiliki kebahagiaannya sendiri. Buat yang komersial, mereka bahagia apabila pelanggan senang dan uang mengalir. Ada pula yang bahagia karena di sanjung – sanjung dan dapat award. Ada yang bahagia karena menang lomba. Ada yang bahagia karena ikutan pameran. Ada yang bahagia dengan membahas mengenai peralatan (dan malah jarang moto). Sebagian bahagia saat moto dan tidak pernah ada hasilnya yang di upload malahan.

Yang penting pada akhirnya adalah kita sendiri sebagai pribadi senang dan bahagia. Kalau tidak, buat apa juga punya hobby ya kan?¬†Have fun friend ….

Leave a Reply MY-ers ...