Uji coba Adobe Photoshop RAW Converter

Valley in CatBa Island - after RAW Processing

Foto diatas merupakan hasil konversi RAW (yang masih ngasal ya…belon ada waktu banyak :p) dari foto di bawah ini menggunakan Adobe Photoshop RAW Converter :

Photo before Adobe Photoshop RAW convertion

Foto tentunya diambil dengan format RAW. Akan tetapi karena dynamic range yang sangat tinggi bahkan filter GND tidak sepenuhnya bisa membantu. Selain itu kondisi langit yang mendung membuat warna menjadi “mute” alias “mendem”. Oleh sebab itu post-processing dengan RAW converter harus dilakukan.

Canon DPP merupakan pilihan gratis untuk melakukan konversi. Akan tetapi Canon DPP sebagai software gratis memang memiliki beberapa keterbatasan dalam pengolahan lanjut. Oleh sebab itu pengolahan lanjut hasil konversi dengan Canon DPP biasanya dilakukan di Adobe Photoshop / GIMP / Pengolah gambar lainnya.

Terinspirasi oleh tutorial di YouTube yang sudah saya post sebelumnya (Photoshop Tutorial – Bikin efek dramatis di landscape dari RAW) saya coba olah RAW dari foto diatas. Fitur yang saya gunakan diantaranya :

  • Custom white balance (available di Canon DPP)
  • Hue-Saturation (available di Canon DPP)
  • Contrast (available di Canon DPP)
  • Recovery di area shadow & highlight (available di Canon DPP)
  • Vignette (available di Canon DPP)
  • Adjustment brush dengan berbagai setting
  • Colored GND filter

Dan bisa dilihat hasilnya seperti di foto yang pertama tadi 🙂 Saya pribadi tidak terlalu suka dengan nuansa High Dynamic Range / HDR nya, akan tetapi demi kepentingan pembelajaran buat saya sih ok saja.

Personal notes :

Dengan adanya filter Gradual Neutral Density (GND) di raw converter ini apakah artinya filter GND tidak diperlukan?

Filter GND tetap dibutuhkan karena tanpanya maka foto yang akan kita olah bisa jadi sudah mengalami highlight clipping. Hal ini terjadi karena dynamic range yang terlalu tinggi di saat pemotretan.

Pada kondisi demikian maka GND pada post processing tetap tidak akan mampu memunculkan detil yang sudah hilang. Lihat awan kecil berwarna kelabu di atas bukit yang letaknya paling jauh dalam foto diatas. Apabila RAW yang diambil sudah mengalami highlight clipping maka awan tersebut tidak akan bisa muncul. Walau puluhan GND kita aplikasikan di file RAW yang kita miliki.

————————-

Untuk membuat Adobe Photoshop mampu membaca file RAW dari kamera kita maka kita membutuhkan plugin yang tersedia gratis di website Adobe. Setelah di download tinggal di jalankan saja file setup-nya.  Adobe akan mengeluarkan versi baru beberapa saat setelah kamera model terbaru dikeluarkan. Cek saja daftar kamera yang file RAW nya di support oleh versi yang akan anda download.

MOTO YUK!!!

One thought on “Uji coba Adobe Photoshop RAW Converter”

Leave a Reply MY-ers ...