Tas mirrorless

Tas untuk membawa peralatan penting sekali. Selain masalah proteksi, juga masalah kenyamanan membawa. Capek membawa peralatan akibatnya mood juga kurang baik, dan hasil foto jadi kurang maksimal *alasan banget gue ya? LOL

 

SHOULDER BAG

Mirrorless dikarenakan desainnya yang mengeliminir cermin membuat body kamera lebih mungil. Selain itu karena lensa bisa menjorok lebih dalam ke body (karena tidak ada cermin) sehingga lensa lensa mirrorless juga lebih mungil. Secara overall berat peralatan mirrorless lebih ringan.

Hal ini memungkinkan saya menggunakan tas selempang. Kalau tas yang sama digunakan untuk membawa DSLR tentunya tidak akan betah, karena beban menumpu hanya ke satu pundak, so dalam waktu singkat akan sakit.

Ada banyak jenis tas selempang. Bahkan beberapa merek sudah mengeluarkan khusus untuk mirrorless, misalnya : Thinktank Mirrorless Movers. Dari review yang ada ini adalah salah satu shoulder bag paling ok. Divider nya memang di desain untuk ukuran mirrorless. Lengkap dengan salah satu divider bisa menyimpan iPhone / HP. Selain itu juga tampangnya juga tidak menyolok, sehingga aman dibawa kemana mana.

Screen Shot 2013-12-29 at 3.29.04 PM

Screen Shot 2013-12-29 at 3.29.33 PM

Saya sendiri menggunakan tas National Geographics NG 2345 Midi. Hal ini dikarenakan sudah keburu punya, malas juga buat beli lagi.

Walau tas ini secara penampilan sangat cool, tapi punya beberapa kelemahan. Divider di bagian dalamnya agak minim (saya akali akhirnya dengan membeli divider tambahan). Selain itu juga walau weatherproof, tapi raincoat tidak tersedia. So, siap siap deh basah dan lembab kalau kehujanan.

tas ng

national-geographic-ng2345-midi-shoulder-bag-kaki-

Tas ini bisa memuat :

  • 1 body kamera mirrorless dengan lensa terpasang
  • 2-3 lensa mirrorless (perlu lens pouch / divider tambahan)
  • Flash mirrorless dengan ukuran kecil

Selain itu masih tersedia banyak kantong lain untuk catatan, ipad mini, HP, bolpoin, batere cadangan, memory card, dll. Salah satu kelebihan dari tas ini adalah tidak menggunakan velcro, sehingga saat buka tutup tas tidak berisik. Selain itu tutup bagian atas bisa digulung sehingga akses ke tas menjadi lebih mudah dan cepat.

 

BACKPACK

Walau tas selempang nyaman digunakan untuk pemotretan sehari hari (mudah untuk akses peralatan), tetapi untuk perjalanan yang cukup lama tetap saja nyeri di pundak. Hal ini dikarenakan beban hanya ditumpukan ke satu titik. Oleh sebab itu saya juga memiliki tas punggung / backpack untuk keperluan perjalanan jauh.

Tas nya apakah bisa sama dengan tas yang digunakan untuk DSLR ? Tentu saja bisa, akan tetapi akan sisa banyak sekali tempat di tas DSLR (misalnya Lowepro MiniTrekker AW yang saya gunakan untuk DSLR hanya terisi 50% nya). Sehingga saya memilih mencari tas punggung yang lebih kecil.

Entah mengapa, belum banyak tas punggung untuk mirrorless. Olympus membuat 1 tetapi sulit carinya. Akhirnya setelah lihat lihat saya memilih Lowepro Fastpack 100.

FastPack_100_left

Tas ini sangat mungil dan ringan. Tapi untuk mirrorless dia memiliki sangat banyak tempat. Saat saya bawa bepergian di singapore beberapa waktu lalu saya bisa membawa :

  • 1 body mirrorless (Fuji X Pro1) dengan lensa terpasang
  • 3 lensa tambahan
  • Batere cadangan, memory, blower, dll

Sementara di bagian atas saya bisa letakkan passport, makanan, handphone, pen, filter bag, dll. Bagian atas juga bisa saya gunakan untuk tambahan 2-3 lensa lagi sebenarnya jika perlu. Ada juga kantong di kanan untuk meletakkan botol minuman sekitar 600ml.

lowepro fastpack 100 lower lowepro fastpack100 upper

Selain ringan, akses nya juga cukup mudah, cukup memiringkan ke salah satu bahu dan kita bisa akses antara peralatan kita (kiri) atau minuman (kanan).

Screen Shot 2013-12-29 at 3.53.00 PM

Kelemahan dari fastpack ini adalah tidak adanya rain cover, dan juga dikarenakan dia di desain untuk DSLR sebenarnya, maka divider nya juga harus kita akal akalin. Kalau tidak maka kita membuang banyak tempat. Misalnya divider tempat lensa agak terlalu dalam, sehingga saya memasukkan 2 lensa mirrorless, dengan salah satunya saya masukkan ke dalam lens pouch. Sehingga alih alih hanya bisa menyimpan 1 lensa, saya bisa membawa 2 lensa.

Menggunakan backpack untuk perjalanan jauh sangat nyaman, saya yang terbiasa membawa DSLR merasakan hampir tanpa beban di punggung saat membawa fastpack 100 dan mirrorless dalam perjalanan terakhir kemarin.

 

 


4 thoughts on “Tas mirrorless”

  1. Gue sekarang pake mirrorless mover 30i. Trying to keep it compact, tapi masih bisa bawa ipad buat maen CoC *ganyambung

Leave a Reply MY-ers ...