Strobist with Umbrella

Beberapa waktu lalu saya “mengupgrade” peralatan strobist saya. Akhirnya saya beli juga light stand dan umbrella. Walau memang saya bukan fotografer model, tapi at least saya ingin tahu dan belajar efek dari cahaya flash yang di lembutkan dengan umbrella. Soalnya ini adalah tools paling standard yang sering digunakan oleh fotografer strobist di luar sana.

Posisi flash di kanan/kiri atas, dengan sudut 45 derajat dari subyek adalah posisi “klasik” dalam flash photography. Banyak sekali pemotretan dilakukan dengan menggunakan posisi ini. Hal ini karena posisi ini memang paling optimal dalam memberikan pencahayaan.

Penggunaan umbrella memberikan karakter cahaya yang lebih lembut daripada bare bulb (flash tanpa modifier apa-apa, alias langsung jebret). Akan tetapi juga mengurangi power dari flash yang sudah kecil. Itu sebabnya posisi umbrella biasanya cukup dekat dari obyek, hanya beberapa cm di luar frame pemotretan. Itu pula sebabnya banyak strobist menggunakan flash bare bulb saat pemotretan outdoor. Flash powernya kecil, jadi apabila masih dikasih modifier dan jarak dari obyek jauh maka powernya akan sangat kurang.

Umbrella sendiri umumnya ada 2 jenis :

  1. Shoot-through umbrella : warnanya putih transparan, flash ditembakkan langsung “menembus” umbrella (flash langsung menghadap obyek)
  2. Bounce-back umbrella : umumnya bagian dalam dari umbrella berwarna silver, lalu flash dipantulkan melaluinya (flash tidak menghadap ke obyek)

Ada beberapa jenis umbrella modifikasi terbaru, misalnya dipantulkan lapisan silver lalu di saring lagi dengan warna putih, dll. Tapi bentuk dasar yang paling umum adalah shoot-through dan pantul.

——————————–

Jadi :

  • Gunakan umbrella apabila ingin cahaya yang lembut di indoor / lokasi dengan ambient lighting rendah. Tapi dengan demikian flash perlu di dekatkan dengan obyek.
  • Gunakan bare bulb apabila ingin pemotretan outdoor dengan ambient light yang cukup – untuk mengatur keras lembutnya cahaya bisa kita lakukan dengan mendekatkan / menjauhkan si flash dari obyek.

Have fun …..


Leave a Reply MY-ers ...