Sony “Killer” Pocket

Kemunculan Sony RX100 dan dilanjutkan dengan RX1 ibaratnya ajang “Show-off” dari Sony. Dan berhasil. Bagaimana tidak … kamera pocket (ya pocket, bukan mirrorless apalagi DSLR), lensa fix focal length (untuk RX1 – hanya 35mm saja), tetapi dengan kualitas hasil yang dahsyat, sensor full frame (RX1) dan harga yang skyrocketing.

Buat yang tertarik baca review detilnya silahkan baca di : Dpreview RX100 atau Dpreview RX1

Apakah worthed untuk dibeli?

Yang saya sudah pernah “pegang” hanyalah RX100 … secara ergonomis kamera ini mungil, cantik & indah, dan hasilnya (terutama BW nya) mantap sekali. Memegang dan menggunakannya terasa nyaman dan berkelas. Harganya memang cukup tinggi dibandingkan compact biasa. Akan tetapi menurut saya memang kamera ini tidak bisa dibandingkan dengan kamera compact biasa. Penggunaan lensa carl zeiss vario sonnar jelas memberi dampak.

Worthed dibeli buat yang mempertimbangkan pembelian kamera mungil dengan skala harga di kisaran 5jt ++. Buat mereka yang masih “acceptable” membawa kamera seukuran NEX, saya sarankan untuk membeli sony NEX alih alih membeli sony RX100 ini.

Sedangkan RX1 harganya luar biasa (USD 2.800) sehingga walaupun hasilnya luar biasa, dan lensanya juga mantap (CZ Sonnar 35mm f2 T*) – tetapi buat saya lebih cocok hanya buat mereka yang sangat membutuhkan portabilitas & kepraktisan. Misalnya para reporter / jurnalis spot news ? Dimana nilai foto yang mereka mampu hasilkan dengan menggunakan kamera semungil ini sebanding dengan harganya. Buat photo-hobbyist, menurut saya way too over-priced.

RX1 menurut saya lebih sebagai “flagship” dari sony … menyatakan bahwa “kami mampu membuat compact camera dengan sensor full frame”. Saya menunggu sensor yang juga digunakan di Nikon D600 ini di “cangkok” kan ke NEX mirrorless …


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *