Some strobist Video How To

Strobist adalah pemotretan menggunakan cahaya buatan dari portable flash. Belakangan cara ini menjadi populer karena kemudahan membawa portable flash dibandingkan lighting lainnya yang ukuran besar dan berat. Berikut adalah beberapa video tutorial yang berkaitan dengan setting yang dilakukan untuk beberapa pemotretan dengan metode strobist :

Bare-Bulb Flash (flash yang diarahkan langsung) memberikan efek cahaya yang keras. Sedangkan Umbrella (salah satu peralatan yang paling sering digunakan strobist) melembutkan cahaya flash dengan memantulkannya ke bidang yang lebih luas, atau membuat cahaya flash melewati umbrella yang transparan. Umbrella banyak digunakan karena power dari flash yang relatif lemah dibandingkan lighting di studio.

Di contoh di bawah ini hanya digunakan satu flash dengan umbrella transparan. Perhatikan bahwa setting dilakukan untuk membiarkan ambient light hanya berpengaruh sedikit terhadap hasil akhir foto, oleh sebab itu Mode Manual relatif lebih nyaman digunakan.

Teknik agar bisa memperoleh background sunset pada pemotretan strobist adalah dengan melakukan stop-down, misalnya EV diturunkan sampai dengan -2 atau menggunakan mode Manual dan apperture + ISO diatur sehingga hasil foto menangkap warna sunset. Setelah itu barulah model diterangi dengan menggunakan flash. Silahkan lihat post sebelumnya yang membahas mengenai hal ini, atau contoh hasil pemotretan lainnya. Pada contoh ini saya menggunakan bare-bulb flash, tanpa umbrella. Oleh sebab itu cahayanya relatif keras.

Beberapa sample lain (tanpa cara settingnya, tapi kebanyakan sepertinya 1-2 flash dengan umbrella) :

Tertarik? Websites yang kerap menjadi acuan untuk para strobist adalah :

MOTO YUK!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *