“Silhoutte” Learning Challenge

Pemenang learning challenge sebelumnya dengan tema portrait adalah Muhammad Avinas .. fotonya keren betul. Skintone yang seperti pualam muncul karena penggunaan kamera infrared. Seperti kita ketahui infrared menembus permukaan kulit sehingga menghasilkan tekstur kulit yang halus.

Foto ini sendiri diambil dengan kamera oprekan :

D70s BlackOrchid FC
Lens Tamron 70-300mm VC
1/50s
f5
ISO 200

Nah, untuk tema selanjutnya adalah tema siluet. Tema ini susah susah gampang. Sedikit tips :

  • Untuk membuat siluet timbul maka pencahayaan obyek harus jauh lebih rendah/gelap dibandingkan background. Hal ini bisa diperoleh dengan meletakkan obyek di depan cahaya yang keras / kuat, misalnya matahari / lampu. Lalu lakukan metering mengacu ke background, bukan ke obyek. Alhasil siluet akan muncul.
  • Salah satu hal yang penting dalam siluet adalah bentuk. Karena tidak adanya warna pada obyek, maka bentuk siluet sangat penting. Atur sehingga bentuknya menarik dan pas secara komposisi. Jangan lupa untuk mengambil angle sehingga siluet nya terlihat jelas – misalnya mengambil angle terlalu tinggi akan membuat siluet menyatu dengan permukaan tanah sehingga betuk siluet tidak nyata (menyatu dengan background yang gelap).
  • Jangan lupa untuk memilih background (warna dan bentuk) yang menarik, karena tanpanya foto siluet akan kaku dan kurang menarik.

Have fun dalam learning challenge selanjutnya …..

PS : Buat yang belum tahu, Learning challenge ini di adakan di FB Group motoyuk



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *