Sharing itu tidak sebatas EXIF

Ada sedikit kesalahpahaman bahwa di motoyuk semua foto harus di sertai EXIF (data mengenai kamera, aperture, shutter speed, iso, dll). Yang tepat sebenarnya adalah di motoyuk foto perlu disertai sharing, karena motoyuk adalah keluarga pembelajaran fotografi. So semua perlu share mengenai apapun mengenai foto yang diambil. Kadang EXIF adalah sharing yang relevan, tapi kadang mungkin bagaimana setting lighting, atau mungkin juga bagaimana setting stage nya atau bahkan wardrobe nya. Apapun yang dirasakan relevan buat pembelajaran teman motoyuk lainnya.

Kenapa tidak hanya EXIF … coba jujur, apakah dengan setting kamera sesuai dengan exif yang di nyatakan akan memungkinkan kita menghasilkan foto yang sama? Tidak juga. Karena fotografi itu tidak sekedar exif. Ada unsur komposisi, jenis kamera yang digunakan dan karakter nya, lokasi + date-time nya, post processing, interaksi dengan model, dll. Banyak sekali. So sekedar EXIF tentunya sangat minimal.

Sama halnya dengan foto di bawah ini :

Austinmer

Ya, foto di ambil dengan Sony a7r + 16-35mm pada 17mm f11 iso100 2 detik. Menggunakan NISI GND Reverse 0.9 + NISI CPL + Nisi v5 holder.

So? Apakah berguna? Sedikit berguna … tapi coba saya sharing yang mungkin jauh lebih berguna. Lihat foto foto di bawah ini :

DSC04938DSC04940DSC04941DSC04937DSC04950DSC04958

Foto diatas adalah sebagian dari foto “gagal”, masih ada sekitar 15 foto lain yang saya anggap gagal. Kenapa gagal? Karena tidak sesuai yang saya inginkan. Moto itu dimulai dari “mental picture” membayangkan yang diinginkan, bukan sekedar tekan tombol shutter.

Yang saya inginkan adalah karang masih terlihat jelas, tetapi water flow juga terlihat dan menampakkan perasaan dinamis dari pemandangan ini.

Foto 1-4 gagal karena timing yang tidak tepat, sehingga antara tidak ada flow, atau flow nya tidak yang diinginkan (ada flow air dari kiri yang kalau sudah mulai masuk frame bakal menutup semua bagian karang). Tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Kebanyakan masih menggunakan speed 0.125 detik

Foto 5 saya gunakan 0.1667 detik, timing sudah tepat. Lihat aliran air mengalir di atas permukaan karang. Sayang, speed terlalu cepat sehingga belum tertutup semua permukaan karangnya.

Foto 6 … timing dan shutter speed tidak tepat (4 detik) sehingga habis semua ketutup ama aliran air. Sama halnya, tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Foto final yang saya gunakan adalah yang paling mendekati dengan yang saya harapkan. Sayang aliran air di kejauhan masih belum maksimal blur nya, tapi saya tahu saya bisa bereskan itu dengan sedikit motion blur di post processing. So, saya tutup pemotretan dengan foto tersebut. Dan setelah saya post processing :

Austinmer

Selain itu, satu hal yang saya ingin bagikan adalah kenapa saya tidak masukkan matahari (yang sudah agak tinggi) ke dalam frame foto ini. Sebagian mengira hanya karena masalah over exposed. Well, tidak hanya itu ….

Mirrorless punya masalah dengan cahaya keras yang mengarah tegak lurus ke dalam kamera. Tidak seperti DSLR, foto yang dihasilkan pada lensa ultra wide di mirrorless akan mengalami pantulan dari ring di depan lensa (terutama dengan penggunaan UV filter dan GND). Seperti di bawah ini :

DSC04933

Lihat di area bawah ada lingkaran lingkaran berwarna kemerahan? Itu adalah pantulan tulisan / font yang ada di depan lensa, memantul ke UV dan GND dan masuk ke dalam lensa, tertangkap sensor. Hanya saya alami di mirrorless karena masalah teknis dimana pantat lensa begitu dekat dengan sensor.

So, sharing itu bisa lebih dari sekedar EXIF …. kalau memang niat sharing justru berusaha lah untuk tidak sekedar EXIF. Karena motoyuk-ers lain akan lebih dapat manfaat jika bukan sekedar EXIF

Salam motoyuk





3 thoughts on “Sharing itu tidak sebatas EXIF”

  1. Top ini om. Pencerahan buat saya yang sekedar dapet foto terus puas. Ternyata 1s/d5 belum cukup bagus….lha itu aja udah keren banget.
    Soal teknis apalagi soal feel masih banyak yg harus dipelajari ternyata. Dan digali, terus diamalkan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *