Seaweed, Sunrise, Sanur – during near blue hours

Foto yang ini dibuat tidak jauh dari selesainya “blue hours” yang tampak nyata pada foto sebelumnya. Pada foto yang ini sisa twilight masih terasa dengan blue color cast di langit, tidak seperti warna jingga pada foto yang dibuat 5-10 menit sesudahnya.

Walau pada saat pemotretan saya menggunakan standard picture style, akan tetapi pada saat RAW conversion saya mendapati bahwa landscape picture style lebih mampu menonjolkan warna yang ada. Wajar saja karena foto ini cukup di dominasi oleh warna biru & hijau, yang menjadi kekuatan dari picture style landscape. Oleh sebab itu pada saat RAW convertion saya ubah picture style nya menjadi landscape.

Tripod tentunya menjadi instrumen wajib dengan slow shutter speed yang digunakan. Ini pula yang membuat permukaan laut terlihat seperti pualam, halus. Slow shutter telah membuat riak-riak kecil di permukaan air menghilang. Caranya supaya dapat slow shutter? Gunakan apperture sesempit dimungkinkan (misalnya f16 atau f22) dan setting ISO serendah mungkin (ISO50 atau 100).

Foto ini buat saya menunjukkan keindahan warna-warna alam sekaligus menyatakan betapa tenang dan damainya suasana saat itu. Semoga perasaan itu dapat tersalurkan dengan baik.

MOTO YUK!!!


6 thoughts on “Seaweed, Sunrise, Sanur – during near blue hours”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *