Sands, Siluets, Sanur

Karang tidaklah selalu menjadi foreground utama di pantai. Kadang pola pasir yang ada di pantai juga menarik untuk dijadikan obyek foto. Apalagi kalau membentuk pola yang unik atau memperkuat komposisi.

Saya tertarik dengan pola pasir yang terkena aliran air, seakan dipahat membentuk pola-pola unik. Di kejauhan banyak orang yang bermain di pantai dan menjadikan siluet yang juga sama menariknya. Sedangkan di background terlihat matahari baru saja terbit dan keluar dari peraduannya. Paduan yang sempurna menurut saya.

Sudut pemotretan low angle mau tidak mau harus digunakan agar pola di pasir terlihat jelas dan menonjol. Memotret dengan berdiri biasa tidak akan mampu menonjolkan pola-pola ini dengan baik. Sedangkan secara teknis saya harus menggunakan filter GND untuk menyeimbangkan exposure di langit dan di pasir. Kalau tidak saya akan mendapatkan langit yang over exposure, atau pola pasir yang under exposure (dan dengan demikian tidak terlihat menarik).

Coba lihat dari sudut pandang berbeda dan berani jongkok atau bahkan tidur di tanah/pasir demi sudut pemotretan yang unik.

MOTO YUK!!!


5 thoughts on “Sands, Siluets, Sanur”

  1. ini kan pakai filter GND ya mas untuk menaikkan exposure pasir dan menurunkan exposure langit.. Seandainya saya pakai CPL, apa bisa seperti ini juga? setidaknya agar pasir tidak under dan langit tidak over..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *