Recently bought : Canon 70-300 f4-5.6 L IS

Baru saja “menukar” 70-200 f2.8 L IS dengan 70-300 f4-5.6 L IS .. berikut adalah fotonya dibandingkan dengan 100mm L IS (kiri – hitam) dan 70-200 f4 L IS (kanan)

Untuk hands-on review nya segera akan saya tuliskan setelah uji coba selesai. Tapi saya ingin tulis dulu alasan kenapa menggantikan lensa jagoan canon dengan lensa yang tergolong baru ini :

  • Alasan terutama adalah karena saya seorang landscaper. Lensa tele buat landscaper digunakan di f sempit, misalnya f8 ke atas. Jadi f2.8 toh tidak terlalu terpakai buat saya. Asalkan sharp di f8 ke atas maka good enough for me. Review dari banyak website menyatakan lensa ini tajam (baca ini).
  • Alasan kedua adalah masalah berat. Lensa 70-200 f2.8 IS adalah salah satu lensa zoom yang super berat, hampir mencapai 1.5 kg. Apabila ditambah dengan extention TC 1.4x maka beratnya mencapai 1.8 kg … berat yang agak berlebihan untuk di bawa trekking landscaper. Apalagi mengingat yang bikin berat adalah f2.8 nya yang relatif tidak digunakan pula. Berat 70-300 f4-5.6 L IS ini hanyalah 1 kg dengan ukuran yang compact, dan filter thread yang hanya 67mm.
  • Apabila melihat dua alasan diatas maka sebenarnya 70-200 f4 L IS juga kandidat yang menarik. Lensa ini sharp dan beratnya hanya 700 gram. Tapi dengan TC beratnya mencapai 1 kg juga. Mempertimbangkan berat yang sama dan kemudahan 70-300 f4-5.6 L IS untuk mengakses focal length 300mm yang kadang dibutuhkan untuk pemotretan wildlife maka saya rasa 70-300 memiliki nilai plus.
  • Dari segi harga 70-300 lebih unggul karena harga hampir sama dengan 70-200 f4 L IS tetapi tidak perlu membeli TC (toh TC tidak bisa digunakan juga di lensa ini). Jadi anda bisa menghemat biaya dengan tidak membeli TC.

So, bagi para landscaper yang membeli 70-200 f2.8 L IS dan membiarkannya ter-onggok di dalam dry box / cabinet karena saking beratnya males dibawa, ini saatnya untuk melihat ulang apakah lebih baik menggantikannya dengan lensa ini? 🙂

Bagi para all-rounder yang segala sesuatu di potret, terutama human interest dan model, saya rasa lensa 70-200 f2.8 L IS memang sulit dikalahkan untuk keperluan membuat bokeh / background blur dan juga indoor shot. So, lebih baik simpan lensa anda dan jangan ganti dengan lensa ini. Kecuali anda mempertimbangkan menggunakan lensa 85mm f1.8 sebagai low-light lens nya.

 

Sebagai review awal :

  • Saya impress dengan build dari lensa ini, sesuai dengan yang disebutkan di banyak review, kualitas build lensa ini mirip dengan 70-200 f2.8. Seperti tank. All metal dan solid.
  • Penggunaan lapisan non glossy pada hood (seperti yang digunakan canon pada lensa-lensa keluaran barunya) sangat saya sukai, gak gampang gores jadinya
  • Ketajaman lensa ini dari test awal saya mumpuni, center to corner. Saya sangat suka menggunakannya. Warna dan kontrasnya juga bagus.
  • Saya juga impress dengan kecepatan AF nya despite dia hanya memiliki aperture f4-5.6
  • Saya juga impress dengan minimum focus distance nya yang mencapai 1.2 meter, membuat kita bisa memotret “semi” makro
  • Image stabilizer nampaknya hampir sesuai dengan yang di klaim, bisa deliver 3-4 stop lebih lambat dari 1/focal length speed.
  • Saya juga impress dengan coating baru di lensa terdepannya yang lebih mudah dibersihkan dan tidak terlalu nempel debu, mirip dengan coating pada Hoya HD
  • Saya agak tidak terbiasa dengan perubahan posisi zoom ring di depan dan focus ring dibelakang. Memegang lensa ini jadi kagok karena bisa menggeser focus ring. Tapi saya rasa saya tahu kenapa ditukar, agar apabila dipasang tripod collar tangan kita jatuh di bagian zoom ring. Sehingga saya rasa lensa ini baru ergonomis dipegang apabila dipasangi tripod collar (yang sebelnya harus dibeli terpisah).

MOTO YUK!!!




6 thoughts on “Recently bought : Canon 70-300 f4-5.6 L IS”

  1. Kalau saya sering traveling dan suka motret segala macam HI dan lanscape apakah pilihannya lebih baik di 70-200 mm f 2.8 L IS atau 85mm f 1.8?
    Thanks

  2. Aku juga naksir berat sama lensa ini….dan alasan yg dikemukakan diatas kok juga sama ya dg alasanku mau beli lensa ini…..tapi kapan ya bisa lensa ini ?…..(kantong harus “istirahat” dulu..kemarin baru beli flash 580EX II)….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *