Pocket vs DSLR Entry Level

Apa yang menjadi pertimbangan saat mau memilih beli kamera pocket atau DSLR ?

Dulu harga menjadi pertimbangan utama, wajar, harga DSLR waktu itu mencapai 5 kali lipat kamera pocket. Tapi coba lihat harga kamera pocket vs DSLR sekarang. Sebagai contoh di jpckemang.com harga kamera pocket berkisar dari Rp 1.7 – 3.7 juta (bahkan 4.6 juta untuk seri Canon G11). Bandingkan dengan harga DSLR entry level misalnya Canon 1000d + lensa kit 18-55 yang harganya Rp 4.4 juta. Belakangan ini harga tidak lagi menjadi penghalang untuk mendapatkan fitur DSLR.

Kualitas adalah hal yang menjadi pertimbangan utama pemilihan DSLR dibandingkan kamera pocket. Apa yang dimaksud kualitas? Hasil foto yang relatif lebih tajam, lebih bersih dari noise dan gangguan lain, dan tentunya dengan demikian bisa dicetak dalam ukuran besar lebih baik. Mengapa DSLR bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih baik? Dikarenakan sensor yang digunakan ukurannya lebih besar, sehingga lebih mampu menangkap detil. Sebagai gambaran sensor kamera pocket ukurannya 6 x 4mm, bandingkan dengan DSLR entry level Canon yang mencapai 22 x 15 mm. Perbedaan ukuran sensor ini terlihat nyata saat kita melakukan zoom pada foto.

Dalam memotret ada orang yang memotret hanya menggunakan menu otomatis (misalnya portrait, landscape scene, dll), tapi ada pula yang ingin bisa melakukan setting sehingga hasilnya lebih optimal. Setting yang dimaksud dimulai dari sesederhana mengubah ISO yang digunakan, atau bahkan apperture dan shutter speed yang digunakan. Untuk urusan setting maka kamera pocket tidak bisa mengalahkan DSLR yang memang di desain untuk fotografer. Melakukan setting di kebanyakan kamera pocket mengharuskan kita masuk ke menu kamera, yang akhirnya memakan waktu dan memungkinkan kita kehilangan momen (misalnya saat anak yang mau difoto tertawa / tersenyum). DSLR memiliki banyak shortcut, sehingga melakukan setting dapat dilakukan dengan cepat. Makin tinggi kelas DSLR maka biasanya setting dilakukan makin mudah dan cepat.

Ukuran dan berat kamera pocket yang relatif kecil sangat menyenangkan dibawa kemana-mana. Mudah disimpan dan dibawa adalah kelebihan utama dari kamera pocket. Apalagi dengan lensa yang “masuk ke dalam” saat di matikan, membuat kamera pocket makin ringkas untuk dibawa. Coba bandingkan Canon Ixus 300HS dengan ukuran 100 x 54 x 23 mm dengan berat 175 gram dengan Canon EOS 1000d yang berukuran 126 x 98 x 62 mm dengan berat 500 gram. Tentunya cukup terasa bedanya, walaupun camera DSLR entry level sekarang di desain dalam ukuran yang relatif kecil.

DSLR memiliki kemampuan untuk mengganti lensa. Jadi kita bisa membeli lensa dengan ukuran standard dulu, dan membeli lagi kalau dibutuhkan, tanpa harus mengganti body kamera nya. Menggunakan DSLR memungkinkan kita menggunakan lensa yang super lebar atau super jauh. Lensa super lebar dibutuhkan kalau kita ingin memotret pemandangan alam ataupun bangunan / interior dalam rumah. Sedangkan lensa super jauh dibutuhkan untuk misalnya memotret anak kita yang sedang asik bermain di kejauhan (anak-anak kecil cenderung tidak mau di foto dalam jarak dekat). Kamera pocket cenderung statis dan tidak memperbolehkan kita mengupgrade lensa yang kita butuhkan.

Jadi?

  • Kalau anda mencari kamera yang sangat ringan dan mudah dibawa, atau cukup puas dengan hasil kamera pocket, atau memiliki budget hanya 1-3 juta maka kamera pocket adalah pilihan yang lebih baik.
  • Tapi kalau anda memiliki budget lebih dari 3 juta, atau berharap hasil yang lebih baik dan pengendalian yang lebih baik serta tidak berkeberatan menambah 400 gram di tas anda, maka DSLR entry level adalah pilihan yang lebih bijaksana.

Begitu melihat kualitas gambar yang dihasilkan oleh DSRL saya yakin anda akan terus menggunakannya 🙂

Ingin tahu kualitas kamera yang ingin anda beli? Banyak review tersedia di internet, tinggal kita cari dan baca saja. Salah satu review yang cukup lengkap dan mencakup kamera pocket dan juga DSLR adalah Dpreview. Di website ini kita dapat memperoleh informasi mengenai produk terbaru dan juga kelebihan / kekurangannya. Ada juga rubrik “Review” dimana kita bisa melihat ulasan mendetil mengenai satu perangkat.

MOTO YUK !!!

2 thoughts on “Pocket vs DSLR Entry Level”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *