Photo Gathering 2 – Result

Photo Gathering #2 akhirnya berlangsung juga Sabtu lalu, hasilnya cukup memuaskan. Walau banyaknya jumlah peserta dan “model” bikin bingung juga koordinasinya. Hal ini karena di luar dugaan juga.

Berikut beberapa hasil yang kebetulan ada di kamera saya. Selain ini banyak foto yang juga dihasilkan oleh para peserta ada di kamera masing-masing. Memotret landscape memang tidak mudah, karena tergantung pada cuaca. Kebetulan cuaca hari Sabtu lalu kurang mendukung, sehingga pemotretan banyak berkisar pada human interest / model photography.

Click for larger picture

Tips : Penggunaan lensa tele + apperture besar (misalnya f2.8) dapat memberikan efek crop ketat & background yang blur. Ini membuat model yang menjadi point-of-interest menjadi lebih terlihat menonjol. Tulisan pada dinding bukannya mengganggu, justru memberikan warna pada foto (bayangkan kalau tidak ada tulisan berwarna merah itu, justru terasa kosong)

Click for larger image

Tips : langit sore jam 2-3 setelah hujan biasanya bersih & biru. Tapi apabila masih kurang “nendang” gunakan Photoshop dengan menggunakan brush (jenis : normal / overlay) dengan exposure rendah (10%) untuk menambahkan efek sedikit.

Click for larger image

Tips : model harus selalu tersenyum? Tidak juga .. tergantung mood dan ide yang ingin dibawakan, apakah gembira, sedih atau angkuh / sombong? Masing masing membutuhkan karakter tersendiri.

Click for larger image

Tips : Flare & backlight mengganggu? Tidak selalu .. bahkan pada foto ini menggunakan Photoshop saya buat efek flare & backlight agar ada nuansa yang berbeda. Flare dan backlight yang asli tidak bisa dilakukan karena posisi matahari yang tidak memungkinkan. Alternatif lain sebenarnya saya bisa menggunakan “bocoran” dari flash.

Leave a Reply MY-ers ...