Phoneography – Preview

Gara-gara dibukanya instagram di Android, beberapa waktu ini saya tertarik mencoba dan “ngulik” mengenai phoneography, alias fotografi menggunakan kamera handphone. Mulai dari mencoba-coba di samsung galaxy notes yang saya miliki, sampai akhirnya (karena BB saya perlu diganti anyway) saya beli juga apple iPhone 4s buat melengkapi.

Apakah hasilnya bagus? Well, sangat tergantung cara pandang kalau menurut saya. Kalau dari segi image quality real / detil tentunya phoneography belum bisa mengalahkan DSLR dan mirrorless yang sensornya jauh lebih besar dan kompleks. Ini suatu hal yang sangat wajar.

Tetapi smartphone moderen makin lama makin canggih. Sehingga dalam ukuran cetak kecil atau di view di layar kecil hasilnya sangat baik. Bahkan di beberapa kondisi dengan kondisi pencahayaan yang bagus sulit dibedakan dengan hasil kamera profesional. Kecuali di zoom sampai detil tentunya. Tentunya ini sangat tergantung dari tipe handphone yang digunakan. Ada yang memang kamera nya kualitasnya bagus, ada pula yang hanya seadanya.

Kelebihan phoneography adalah availability nya. Kemana mana kita bawa handphone, dan tidak kamera DSLR kita. Jadi seringkali momen lucu / unik justru muncul saat kita memegang HP. Jadi buat saya mempelajari phoneography bukanlah “haram” … dan tentu saja tidak semudah yang orang bayangkan. Sama seperti kamera profesional, handphone juga punya karakter nya sendiri. Kondisi bagaimana yang mampu dia tangkap, dan kondisi bagaimana yang dia menyerah. Itu perlu kita pahami.

Belum lagi phoneography membutuhkan kesabaran untuk mencoba coba berbagai aplikasi yang bisa di download di market.

Berikut ini adalah beberapa sample hasil yang saya peroleh dengan menggunakan handphone iPhone 4s. Enjoy ….

PS : Saya akan share beberapa aplikasi dan teknik yang saya gunakan di post berikutnya, silahkan tunggu

“The best camera is the one with you” – salam motoyuk


2 thoughts on “Phoneography – Preview”

Leave a Reply MY-ers ...