Peralatan Yang Terlupakan — Tas Kamera : Mindshift 180 Panorama Review

Kita sering fokus (banget) pada peralatan utama, kamera – lensa – filter, dan menganggap sepele urusan tas kamera. Padahal tas kamera yang gak nyaman menimbulkan banyak masalah :

  • Tas yang kurang kuat lalu mengakibatkan peralatan jatuh dan rusak
  • Padding (bagian empuk di dalam) yang kurang juga menimbulkan resiko terbentur
  • Ergonomi tas yang kurang nyaman membuat tas tidak nyaman di sanding, akhirnya motret juga tidak nyaman

Saya sudah 8 tahun lebih sepertinya tidak mengganti tas kamera. Saya menggunakan Lowepro MiniTrekker sejak jaman DSLR, dan menambah dengan lowepro Fastpack 100 pada saat mulai travel dan pakai mirrorless.

$T2eC16ZHJGUFFhz0LPGvBSKChojz9!~~60_35

Fastpack_100_Stuffed

Merek lowepro ini tahan banting, sudah terbukti 8 tahun menemani saya ke berbagai penjuru. Tapi saya punya kendala dengan nya :

  • Minitrekker walau kapasitas cukup besar dan lumayan ergonomis, tapi ukuran besar dan kalau mau ambil peralatan maka tas perlu di taruh di bawah. Sangat beresiko kalau mengambil lensa dan peralatan yang ada di bagian agak bawah dari tas tanpa tas di taruh di bawah. Akibatnya repot banget kalau motret landscape di laut, atau travel yang sering kamera keluar masuk.
  • Kendala lain dengan minitrekker adalah tripod terletak di depan, sehingga kalau tripod tergantung akan sangat repot buat buka tas nya.
  • Fastpack adalah andalan saya sebelumnya untuk travel, mungil, cukup untuk mirrorless saya dan beberapa tambahan lain (filter, topi, dll). Tas ini juga praktis karena ambil barang dari samping, so tinggal di miringkan maka kita bisa ambil peralatan.
  • Kendala dengan si fastpack ini adalah ergonomi, kalau di bawa jalan jauh maka gendongannya akan menekan sisi lengan dan bikin tangan pegal dan kebas lama lama. Gak nyaman.

Itu sebabnya pas naik ke Rinjani saya masukkan XT1 dan XF 10-24mm saya ke padding tambahan, lalu masuk ke daypack Deuter Futura saya. Tas gunung. Bukan tas kamera. Karena gak ada tas kamera yang enak buat naik gunung, percaya deh.

Tapi dengan begitu saya repot juga, karena keluar masukin repot, dan juga padding nya gak maksimal.

Saya selalu mikir, ini gak ada produsen tas kamera yang mikir untuk menggabungkan ergonomi daypack (misalnya Deuter Futura) dengan tas kamera apa ya? Kenapa semua tas kamera gak di desain untuk trekking dan “landscape”

5035-762_FRE18_view1_1000x1000

Beberapa bulan lalu akhirnya saya ketemu satu artikel yang menyarankan untuk melihat merek MindShift. Produsen ini adalah anak perusahaan ThinkTank. Mereka spesialisasi nya adalah tas kamera untuk trekking / travel / landscape. So, gendongan dan segala macam desainnya dipikirkan untuk bawa kamera + travel / trekking.

Saya tertarik dengan seri Panorama, yang ukurannya kecil. Tidak sebesar dan seberat seri Pro nya.

Yang menarik adalah semua seri MindShift memiliki mekanisme 180, dimana kita bisa meraih sisi kanan dari tas, melepas kaitan magnet, dan menarik semacam tas pinggang berisi kamera kita. GENIUS !!!!!

muench-workshops-mindshift-panorama-1default_09-03471-2014PD-1 Untuk ambil kamera jadinya tas bahkan tidak perlu turun dari punggung, tidak kotor dengan tanah / air. Kerennya lagi adalah buat ganti lensa jadi sangat mudah, karena ada tempat kita menaruh lensa ganti dll. I LOVE IT !!!!

Lihat cara pakainya di video di bawah ini :

Karena harga yang lumayan mahal saya jadi galau ….. tapi setelah memikirkan bahwa kalau lensa sampai jatuh, atau harus bolak balik ke pinggir pantai, atau taruh tas di pinggir pantai tidak terjaga dan bisa di samber orang, hemmmmm kayaknya worthed juga. Akhirnya saya beli juga tas ini.

Pengalaman saya selama 2 minggu menggunakan : SUPERB !!!!

Ini adalah tas terbaik yang pernah saya pakai. Dalam hal distribusi berat, tas ini mengikuti prinsip daypack maupun carrier. So berat tidak hanya di sandang di pundak, tapi di distribusikan ke pinggang. Sehingga walau terisi penuh dan di angkat berat, tetapi begitu di pundak tidak terasa berat. Selain itu padding gendongan juga tebal, sehingga empuk di pundak.

Mekanisme 180 nya perfect, sangat mudah di raih, ambil kamera dll, dan memasukkannya lagi. Seamless dan mudah.

17866426-md

Bagian atas juga tidak terganggu untuk di akses walau tripod tergantung. Kita tetap bisa mengaksesnya dengan mudah. So filter dll saya bisa letakkan di kompartemen atas ini, putar di dada, dan akses untuk mengambilnya. Lagi lagi tidak perlu diturunkan.

Sisi kanan ada tempat untuk botol minum yang sangat mudah di raih. Saya beli pouch di minitrekker untuk ini, tapi kalau minuman ada disitu saya tidak bisa meraihnya. Demikian pula dengan deuter.

Ada juga pouch untuk kita taruh hidrasi sampai dengan 3 Liter, ini sangat memudahkan kalau kita jalan / trekking. Tidak perlu raih apapun untuk minum, karena selang ada di lengan tas.

Kekurangannya? buat saya ada 3 yang belum sempurna — satu adalah karena mekanisme 180 memakan tempat, maka space nya kurang lebih sama dengan Fastpack 100 yang notabene lebih kecil ukurannya daripada Mindshift Panorama ini.

Yang kedua adalah tidak ada tali di padding pundak. Tali ini biasanya ada di Daypack / Carrier untuk menarik tas lebih dekat ke punggung kita, sehingga pusat gravitasinya lebih dekat dengan kita, dengan demikian akan terasa lebih ringan saat dibawa trekking.

Ketiga adalah raincover yang memasangnya cukup kompleks, walau kerennya adalah walau raincover ini dipasang maka mekanisme 180 tetap bisa di akses (rain cover di jual terpisah).

panorama-rain-cover_d0e1adfe-ff81-4ece-b921-939d4e7b022f_large

Ketiganya masih acceptable. Mengingat segala kelebihan yang diberikan.

So, buat yang suka travel, trekking, landscape basah basah an, ini salah satu tas yang bisa di pertimbangkan.


4 thoughts on “Peralatan Yang Terlupakan — Tas Kamera : Mindshift 180 Panorama Review”

    1. Di Indonesia setahu saya ada di focusnusantara.com

      Beltpack nya bisa dimasukin body + lensa terpasang, plus 2 lensa lagi (termasuk 55-200mm)
      Saya belum coba kalau 50-140mm

      Kalau kurang maka tinggal gunakan bagian atas dengan tambahan lens pouch

  1. Saya lagi cari backpack yg bisa muat laptop 14″ dan yg ada tambahn kompartemen untuk kamera mirrorless plus 2 lensa tambahan. Saya ketemunya backpack yg murni untuk kamera aja dengan banyak sekat2. Ada rekomendasi nggak untuk kebutuhan saya tsb? Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *