Pentingnya kontras dalam fotografi lanskap

Ada beberapa rekan menanyakan bagaimana membuat foto lanskap yang tajam/sharp menggigit. Apakah ini berhubungan dengan perangkat yang digunakan? … hemmmm … ya, sedikit banyak berpengaruh, tapi faktor yang utama adalah teknik yang benar dan kontras yang cukup.

Teknik yang benar sudah dibahas dalam buku fotografi lanskap motoyuk (bisa di beli di Gramedia). Ini berhubungan dengan penggunaan aperture, shutter speed dan iso yang tepat. Berhubungan pula dengan penggunaan tripod untuk shutter speed yang lambat.

Nah, kalau kontras? Coba lihat foto di bawah ini :

NORAH HEAD_HDR_BEFORE
Norah-Head-HDR-FINAL

Foto yang bawah nampak lebih tajam? Ya, salah satunya karena kontras yang memadahi.

Tonal contrast adalah seberapa jauh berbeda antara area paling terang dan paling gelap di foto. Foto dengan contrast rendah akan terlihat seperti memiliki selaput, dan akibatnya di persepsikan kurang tajam. Foto dengan kontras terlalu tinggi juga tidak bagus karena terlihat kasar. Kontras harus pas.

Untuk foto di atas saya menerapkan kontras menggunakan S-Curve adjustment layer + Masking di photoshop (silahkan cari referensinya di YouTube mengenai keduanya, jangan manja …).

Pada step 1 saya terapkan S-Curve untuk mengangkat kontras di foreground:

NORAH HEAD_HDR-STEP1

Langkah ini sudah meningkatkan persepsi tajam dari foto cukup signifikan. Foreground terasa lebih matang dan tajam hanya dengan satu langkah mudah di post processing.

Setelahnya langit di berikan S-Curve dengan level yang berbeda. Saya tidak bisa mengaplikasikan tingkat kontras yang sama pada foto ini. Di beberapa foto lain hal tersebut bisa dilakukan. Apa batasannya? Selera ….

NORAH HEAD_HDR-STEP2

Sebagai langkah terakhir, barulah saya aplikasikan warm photo filter supaya warna lebih natural. That’s it … selesai. Tidak lebih dari 2 menit. Asal tahu apa yang di mau.

Ketajaman foto itu persepsi, salah satu cara mengubah persepsi tersebut adalah memastikan bahwa foto memiliki kontras yang memadahi (kembali lagi, selera). Dan hal tersebut di dapatkan dari lensa (beberapa lensa memiliki kontras lebih) dan post-processing.

Selamat moto !!!


One thought on “Pentingnya kontras dalam fotografi lanskap”

  1. Oke, hampir sama dengan foto foto landscape yang saya edit,
    lebih banyak menggunakan S curve dan sedikit mengolah kontras.
    hasilnya oke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *