NISI Neutral Density (ND) 10 Stop

Salah satu filter yang tidak tergeser oleh teknologi digital adalah neutral density / ND. Secara mudahnya filter ini menahan cahaya masuk dan mengenai sensor. Yah, mirip dengan kaca mata hitam yang biasa kita gunakan saat sedang terik.

Simple? Ya dan tidak, untuk membuat filter ND dengan densitas (tingkat kegelapan) yang rendah sih tidaklah terlalu sulit. Tapi begitu makin pekat / gelap maka kesulitan akan meningkat. Ingat cahaya yang kita lihat terdiri dari berbagai spektrum warna cahaya. Warna pelangi. Pada ND dengan tingkat kepekatan 10 stop, maka produsen perlu membuat filter yang mampu meloloskan hanya 0.001 cahaya …. dan apabila levelnya tidak sama disemua spektrum cahaya, hasilnya adalah? Color cast.

Color cast adalah gejala warna tambahan yang kita lihat muncul pada foto akibat penggunaan filter, terutama ND yang sangat gelap. Kenapa bisa muncul? Seperti yang dijelaskan di atas, karena tingkat blocking semua spektrum cahaya nya tidak sama.

Mengening Bali

So, selain ketajaman, maka color cast yang netral (tanpa color cast) adalah satu hal yang sangat di cari dari filter ND. Saya pernah menggunakan merek Hitech ND 10 stop (square format) … OMG magenta color cast nya, parah. Sulit sekali post pro nya. Lalu saya juga coba Lee Big Stopper (foto di atas), filter ini relatif bagus karena color cast nya walaupun masih ada, adalah biru. So, perbaikannya di post pro relatif “mudah”.

Waktu mendapat kesempatan mencoba NISI ND Filter yang di kabarkan memiliki color cast netral, saya sempat ragu. Produsen sebesar Lee saja masih kena color cast, masak ini yang relatif lebih murah dibanding Lee bisa netral?

Pengalaman pertama memang tidak terlalu menyenangkan, karena filter generasi pertama coating nya tampaknya tidak terlalu bagus, so saya mendapati goresan di coating filter ND saya. Walau tidak pengaruh ke hasil, akan tetapi buat saya yang OCD (Obsessive Compulsive Disorder) terasa mengganggu. Walaupun demikian hasilnya memang impresif, saya tidak melihat color cast yang signifikan.

Avalon Beach
Comparison ND

Di foto perbandingan di atas sebelah kiri adalah tanpa ND filter, hanya NISI GND Hard 0.9x  … sedangkan di kanan adalah NISI GND Hard 0.9 + NISI ND 10 stop. Ya, masih ada sedikit sekali biru color cast (sebagian lagi dikarenakan exposure yang berbeda), tapi dari pengalaman saya sebelumnya dengan Lee, ini masih jauh lebih baik, dan mudah di perbaiki di post pro. Cukup gunakan warm photo filter di photoshop, atau slider white balance, done (foto di bawah adalah hasil akhir setelah adjustment di photoshop)

Turimetta Beach

Filter ND kedua yang saya terima coatingnya sudah lebih bagus, selain tidak mudah tergores seperti sebelumnya, juga ada coating waterproof nya, so kalau kena cipratan air pas motret gak susah bersihkannya. Ini sepertinya tidak penting, tapi sebenarnya, sangat penting. Karena ND sering digunakan di area dimana cipratan air banyak terjadi. Entah di pinggir pantai atau dekat air terjun. Tentunya coating ini adalah berkah tersendiri.

Madden Falls
La Perouse Beach

Penggunaan filter ND setebal 10 stop tentunya tidak mudah. Selain autofocus tidak jalan, metering juga ngaco. So triknya adalah : lakukan pre focus sebelum memasang filter, ubah jadi manual focus setelahnya. Atau apabila kamera mu menyediakan fasilitasnya, lihat focus distance di layar LCD —- lihat bar warna biru dan putih di bawah LCD seperti foto di bawah ini —- ini menunjukkan area yang masuk ruang tajam.

Fujifilm_X-Pro1_EVF

Untuk metering? Cara yang paling mudah yang sekarang sering saya gunakan adalah menggunakan aplikasi di smartphone. Saya menggunakan PhotoPills (tersedia hanya di iOS). So lakukan metering saat filter ND belum terpasang. Lalu masukkan aperture, shutter speed dan iso nya pada exposure calculator.

Exposure calculator

Masukkan stop ND filter yang kita gunakan, dan kita akan dapatkan shutter speed yang dibutuhkan. Seperti pada contoh diatas, metering saat filter belum terpasang adalah f8 | 1/500 secs | iso200 —- dan ini setara dengan f8 | 2 mins 11 secs | iso200 apabila filter ND 16 stop terpasang.

So, selamat menikmati slow shutter photography





5 thoughts on “NISI Neutral Density (ND) 10 Stop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *