MY Food Photography Workshop #1 – 7 April 2012

Akhirnya terlaksana juga workshop food photography pertama motoyuk di 7 april 2012 lalu. Acaranya sendiri berlangsung seru di studio Bhinneka.com dengan total peserta 9 orang (1 orang berhalangan) – mentor (Rikky Lin) & 2 orang organizer dari motoyuk (gue dan Cynthia itu wkwk). Seperti layaknya workshop, praktek lebih mendominasi sesi pemotretan kali ini.

Ada 2 proyek yang dikerjakan dari food preparationnya pada saat workshop lalu. Yaitu proyek pertama adalah “Orange Juice Soda” – dengan karakter warna kuning yang menonjol dan juga nuansa dingin & segar yang kuat (ada yang komentar kalau pas puasa bisa batal liat foto2 orange soda ini hahahaha).

Untuk pemotretan orange soda ini mentor mengajari untuk menggunakan ice cube palsu (bahan acrylic), dan juga vaseline untuk menahan tetesan air di badan luar gelas – keduanya bekerja sempurna. Sedangkan untuk pemotretan kita menggunakan 3 buah lampu studio, satu sebagai cahaya mainlight (softbox) dan 2 sebagai fill in light (standard reflector).

Cukup menggiurkan? Hahahaha ….

Parameter pemotretan : Manual Mode – f11 1/100 iso100 – AWB kemudian di adjust custom white balance saat canon dpp processing. Faithfull 7010 picture style.

Sedangkan proyek kedua yang lebih kompleks adalah “Banana Split”. Lengkap dengan ice cream.

Parameter pemotretan : Manual Mode – f8 1/100 iso125 – AWB kemudian di adjust custom white balance saat canon dpp processing. Faithfull 7010 picture style. Dipilih f8 agar bagian background lebih blur, sehingga foto secara keseluruhan komposisinya lebih enak. Tidak terlalu penuh ornamen.

Eits, jangan ngiler dulu. Karena sebenarnya triknya adalah menggunakan ice cream buatan. Hal ini dilakukan karena pemotretan ice cream asli tidaklah dimungkinkan. Ice cream asli akan segera meleleh, sehingga penampilannya kurang menggiurkan & membangkitkan selera makan. Ice cream buatan ini  dibuat oleh mentor dengan menggunakan campuran mentega + tepung terigu + pewarna makanan. Looks like ice cream, smells like ice cream, … but does not taste like ice cream hahaha.

Untuk komponen lainnya asli. Tapi salah satu trik adalah meletakkan pisang terakhir sekali. Hal ini dikarenakan pisang mudah ter-oksidasi. Sehingga setelah beberapa lama warnanya akan berubah dan juga agak lembek. Sehingga tentu kurang menarik selera. Jadi pisang diletakkan setelah semua setup lain, dan juga lampu selesai. Lampu yang digunakan untuk pemotretan ini ada 2, keduanya softbox.

Parameter pemotretan : Manual Mode – f6.3 1/100 iso100 – AWB kemudian di adjust custom white balance saat canon dpp processing. Faithfull 7010 picture style.

Salah satu trik lain, yang bekerja pada foto diatas, adalah “the closer the better”. Makin detil satu produk makanan di foto, maka cenderung akan lebih menggugah selera. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, supaya komposisi dan permainan dof tetap menarik.

Berikut adalah link dari materi yang di share di workshop. Mohon maaf apabila kurang jelas informasinya, karena sebagian besar materi disampaikan secara verbal oleh mentor, dan juga melalui praktek langsung. So, kalau tertarik silahkan pantau motoyuk.com untuk workshop berikutnya.


One thought on “MY Food Photography Workshop #1 – 7 April 2012”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *