MY FFLC 2

MY FFLC (Fixed Focal Length Challenge) 2 diadakan di Monas, Jakarta – Minggu 22 Oktober 2011. Sama halnya dengan FFLC yang pertama maka event ini juga merupakan street photography. Teknik yang digunakan juga sama seperti yang digunakan pada FFLC pertama. Dimana focal length di setting dari awal, aperture di set di bukaan tertentu, dan hampir semua parameter lain di set otomatis.

Tim MotoYuk Jakarta yang ikutan FFLC2 ber-foto bersama

Sama halnya dengan event FFLC sebelumnya pula, esensi dari event ini bukan hanya street photography. Well, saya adalah landscaper dan bukan penggemar street photo. Tapi FFLC sangat efektif untuk melatih keberanian, komposisi, lighting dan pemahaman lensa (seperti telah dijelaskan di artikel sebelumnya).

Kali ini saya juga belajar bahwa auto ISO kadang bukanlah pilihan yang terbaik. Maklum Auto ISO mendasarkan pada kecepatan 1 / focal length. Karena saya menggunakan lensa 100mm maka kecepatannya paling cepat 1/100 secs. Nah, kadangkala buat obyek orang bergerak speed ini kurang. Oleh sebab itu saya ubah strategi saya di FFLC 2 ini dengan menggunakan ISO 400 yang menghasilkan speed yang lebih cepat pada kondisi pencahayaan kemarin.

Selain itu saya juga belajar bahwa 100mm di full frame sebenarnya bukan focal length ideal saya. Seringkali kaki obyek yang saya foto terpotong di frame. Saya rasa idealnya saya menggunakan lensa 85mm – sama seperti yang di sarankan Thomas Leuthard sebenarnya. Mungkin lain kali saya akan gunakan lensa dengan focal length itu saja. Berikut adalah hasil pemotretan yang diperoleh selama di Monas. Enjoy …

 


4 thoughts on “MY FFLC 2”

    1. Ada : muka tebal dan kaki yang kuat

      Muka tebal : supaya berani ambil foto dengan jarak yang lumayan dekat
      Kaki yang kuat : buat kabur kalau dikejar ama orang

      Hahaha …. Tidak ada kok, begitu ada Event Fflc tinggal gabung saja

Leave a Reply MY-ers ...