MY-ers Articles : Teknik Menumpuk Foto, By : Felixs

Kali ini kita disuguhi teknik untuk foto stitching oleh Felixs. Teknik ini sangat berguna (saya juga baru kepikir) buat area wisata yang ramai pengunjung. Coba lihat tekniknya dibawah ini …

————————-

Haloo..

Permisi semua, saya ingin coba share pengalaman saya ketika melakukan proses editing foto untuk Menghapus atau menambah “sesuatu” pada foto.

Pernahkah teman2, ketika sedang berada di suatu objek wisata, mengalami kesulitan mengambil foto objek tersebut dikarenakan “objek wisata tersebut sangat banyak pengunjungnya” sehingga terlalu banyak orang yang masuk dalam frame kita, dan tentu saja menggangu komposisi? Namanya tempat wisata, kita belum tentu bisa sering melihatnya dan bahkan seringkali kita diburu oleh waktu untuk datang ke objek wisata yang lain. Waktu untuk mengambil foto menjadi sangat terbatas. Untuk itu, saya akan coba share tahap2an nya memperbaiki foto dalam momen tersebut. Semoga berguna ya.

Foto pertama dan kedua ini saya ambil ketika mengunjungi pintu masuk Vatican.  Bisa dilihat, banyak sekali orang lalu lalang. Dan tentunya, belum lagi semua orang itu sampai di tangga terakhir, sudah menyusul orang2 lainnya yg masuk ke dalam frame (dapat dilihat di gambar 2). Ga mungkin kita blok tangga nya khusus utk kita foto kan? Haha..

Di gambar 2 orang2 yg ada di gambar 1 sudah ada di tengah, tetapi muncul orang2 baru yg juga ingin turun tangga. T_T..

Tapi, setelah dilihat2 kemudian, dua gambar tersebut masing2 memiliki kelebihan yang ketika digabungkan, bisa menghasilkan gambar seperti berikut :

Saya akan contohkan step2 nya, pertama2 saya akan menggantikan area kiri atas dari gambar 2 dengan area kiri atas dari gambar 1. Tujuannya agar orang2 yg masuk frame di gambar 2 menjadi hilang seperti pada gambar 1. Sebagai berikut :

Step 1 : buka masing2 gambar 1 dan gambar 2 dgn photoshop, lalu tekan CTRL+A di salah satu foto  yang telah dibuka :

Dan CTRL+V pada Gambar yg lain sehingga kedua gambar tersebut bergabung dalam layer yang berbeda :

 

Step 2 : atur opacity : 50%, lalu klik EDIT à FREE TRANSFORM, atur gambar 1, setelah selesai tekan ENTER.

 

Step 3 : atur opacity menjadi 100% kembali, lalu klik “vector mask” (lingkar biru) lalu klik “paint bucket” (lingkar merah), kemudian klik lambang  (lingkar hijau) sampai posisi warna hitam berada di atas warna putih (lingkar ungu). Lalu sembarang klik pada gambar

 

Step 4 : klik “Brush tool” (lingkar biru), kemudian klik lagi lambang , kali ini posisi warna putih berada di atas warna hitam. Atur ukuran dan bentuk brush (lingkar merah). Setelah itu saya klik area kiri atas, atur sesuai kebutuhan. Hal ini saya ulangi untuk mengatur area tengah sehingga tidak terlalu banyak orang.

 

Tentu saja, cara ini memakan waktu cukup lama sehingga hanya saya terapkan pada foto2 yang memang sudah tidak bisa di edit lagi apabila memakai foto tunggal.

—————

Contoh lainnya :

Gambar 1 : area tengah terlalu over expose

 

Gambar 2 : area tengah tidak over, akan tetapi di area lain under

 

Hasil setelah digabungkan :

 

—————–

Contoh lain :

Gambar 1 : Langit overexpose

Gambar 2 : foreground tidak bagus

Hasil penggabungan :

 

Semoga sharingnya dapat menginspirasi dan bermanfaat





One thought on “MY-ers Articles : Teknik Menumpuk Foto, By : Felixs”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *