My-ers Articles : Macro Editing, By : Villy Pramudya

Sehabis mengikuti workshop macro beberapa waktu yang lalu saya banyak mendapatkan pencerahan tentang Macro Photography, baik itu teknik, pencahayaan natural dan editing.

Tapi bukan itu yang saya mau share disini,melainkan bagaimana mendapatkan pencahayaan yang bagus dan juga berkesan sehangat mentari pagi melalui olah digital di Adobe Photoshop.

Mari kita lihat foto dibawah,

_DSC8755

Langkah pertama saya saat ambil foto macro, objek/POI selalu saya letakkan di tengah-tengah frame,atau paling tidak saya ambil 2/3 dari bidang frame kamera. Mengapa? karena foto macro membutuhkan cropping dan pengaturan angle terbaik pada akhirnya.

Nah, daripada bingung nantinya lebih baik letakkan objek di tengah-tengah (gunakan point focus paling sensitive di viewfinder yaitu di titik tengah).

Lanjut langkah kedua, yaitu memperbaiki bidang yang tidak rata warnanya pada BG.

  1. Masukkan foto dan Ctrl + J, gunakan brush dengan pengaturan Size menyesuaikan,Hardness 12% dan Opacity sekitar 49%, sebelum melakukan brushing, pilih Eyedropper Tool, click Alt dan pilih  bidang warna yang menurut kita lembut warnanya.
  2. Lalu brush pada bidang BG yang dirasa gelap. (Sample Below)

L1

3. Kira-kira hasilnya seperti ini….

L2

4. Andai dirasa sudah selesai,perbesar lagi layernya dan kembali brush bagian yang terkena brushing awal pada objek/subjek/POI tersebut,ini dimaksud agar objek tetap terjaga ketajaman maupun warna aslinya.

L3

Pengaturannya, Ctrl+J,buat Layer baru, Size Brush menyesuaikan, Hardness 100% dan Opacity 100, khusus bagian tepi objek,perbesar lagi layer sampai pixelnya benar-benar jelas terpampang nyata dan lakukan brush.

Sampai kira-kira begini…

L4

Langkah Ketiga, yaitu mengatur angle terbaik dan cropping.

Sebelum melakukan proses dimaksud, saya sedikit mengatur kontras dengan Auto Contrast J agar warna siput benar-benar joss..

Mulailah dengan mengatur angle,dengan Ctrl+A dan Ctrl+T dan atur posisi menurut yang saya suka. Pada foto ini saya bermaksud membuat posisi siput seperti akrobat.

L5

Setelah merasa oke,tekan enter dan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi dan mulailah melakukan cropping pada foto.

Prosesnya, klik Crop Tool dan taruh di posisi yang dirasa baik,pada contoh dibawah saya menggunakan aturan Rule Of Third. (Sample Below)

L6

Lalu tekan Enter apabila dirasa cukup baik.

Langkah Keempat, ini yang saya rasa juga menentukan sebab tujuan akhir saya foto ini paling tidak membuat mata orang benar-benar tertuju pada foto kita dan berpikir “wah,cakepnya siput ini,lightingnya oke”..Hahahaha

  1. Buka Nik Software. Saya menggunakan Adobe CS5 dan Nik Software V4 Pro,pilih Bi-Color Filters

L7

2. Saya maunya sinar matahari digital ini ada di sebelah kanan siput. Semudah itu dan pengaturannya seperti dibawah :

L8

3. Lanjut, selesai klik Enter/Oke

4. Masking lagi dengan menggunakan proses dan pengaturan yang sudah saya jelaskan di Langkah Kedua, tapi prosesnya hanya masking di objek agar efek Bicolor tersebut tidak menutupi Objek.

Saat melakukan masking terutama pada detail-detail yang kecil dan halus terkadang tingkat hardness brush  saya turunkan sampai 5%,ini saya lakukan agar pada saat foto diperbesar tidak terlihat dengan jelas perbedaan warna antara sisi BG dan Objek tersebut. Ketelitian dan kesabaran sangat diperlukan.

L9

Dan inilah hasil sementara proses masking tadi..

L10

Langkah Kelima, dalam khayalan saya ingin foto ini terlihat lebih mantap dengan adanya ROL dari sisi atas sebelah kanan siput. Lalu saya coba cari stok foto ROL gratisan di Deviantart.Com dan masukkan sebagai layer baru di CS5 saya.

  1. Pilih foto RoL yang barusan di download, masuk ke Image-Adjustment-Hue/Saturation dengan pengaturan yang ada dibawah. Kebetulan saya dapatnya RoL yang berwarna kuning keemasan tapi saya mau RoLnya jadi putih abu-abu.

L11

2. Selesai klik Enter/Oke dan drag layer tersebut ke foto siput yang mau kita masukkan efek RoL lalu atur sesuai arah datangnya sinar matahari. Perbesar, perkecil, naik atas dan bawah, biarkan saja apa adanya Layer RoL tersebut  setelah dirasa posisinya mantap tekan  Enter.

L13

3. Pada Layer 1 (RoL) yang menutupi Layer Background pilih Overlay dan turunkan Opacity menjadi 70%.

4. Buat Layer baru untuk masking dan brush bagian RoL yang dirasa tidak perlu.

5. Lagi-lagi lakukan kembali proses masking di objek yang ada,ingat hanya bagian objek. Masking cukup dilakukan pada layer sebelumnya (Layer Rol)

6. Beres proses masking, bisa juga tambahkan efek bokeh supaya sisi kanan tidak kosong,prosesnya sama dengan proses memasukkan RoL, dan masking lagi.\

7. Atur Shadow/Highlight agar foto lebih berdimensi, dan juga burn area objek yang dirasa terlalu terang

8. Tambahkan Unsharp Mask dengan pengaturan Amount 121%, Radius 3,7 pixel dan Treshold 49.

9. Crop lagi andai dirasa perlu

_DSC8755FINALE

SELESAI, Selamat mencoba.

Sekedar Catatan, nilai-nilai yang tertera pada pengaturan efek dan masking adalah relative bukan sebagai angka mutlak. Semua tergantung dengan kondisi foto dan hasil akhir yang diinginkan.

Begitu juga dengan langkah-langkah yang dilakukan, semua itu hanya berdasarkan kebiasaan saya, bukan hal yang mutlak.

Pada akhirnya, foto adalah seni, setiap orang punya penilaian sendiri tentang seni khususnya seni melihat. Editing yang saya lakukan hanya karena saya kadang merasa lighting sebuah tidak bagus jadi saya pikir perlu melakukan polesan digital untuk sentuhan akhir. Baik buruknya diserahkan kembali ke pemerhati seni khususnya fotografi.

“GOD created a million color, we capture it”

Thanks Motoyuk

Villy Pramudya – Puruk Cahu, Kalimantan Tengah

One thought on “My-ers Articles : Macro Editing, By : Villy Pramudya”

Leave a Reply MY-ers ...