MY-ers Articles : Isolasi warna dengan Photoshop, By : Albert

Dalam artikel kali ini Albert, salah satu my-ers yang sangat aktif di bb group, akan berbagi ilmunya mengenai isolasi warna dengan Photoshop. Teknik ini umum digunakan dalam fotografi dengan kombinasi warna hitam putih, agar menonjolkan POI tersendiri.

——————————

Mohon ijinnya untuk dapat sharing lagi di Motoyuk.com. Kali ini saya akan coba sharing, bagaimana melakukan proses isolasi warna di Photoshop. Awal ketertarikan saya dengan proses isolasi adalah saya melihat foto karya Moderator MY di BB, Narsikus Tedy, pada acara hunting bareng di Pramestha Resort Bandung, di mana ditunjukkan penggunaan teknik isolasi warna pada salah foto perspektif.

Sejak saat ini saya pun terus berangan-angan, kapan yah bisa melakukan Isolasi warna seperti itu karena waktu itu, Photoshop saja belum bisa.

Untuk itu, saya akan coba sharing di sini, bagaimana cara melakukan Isolasi Warna di Photoshop, agar bisa dimanfaatkan bagi rekan-rekan di MY atau yang lainnya. Semoga berguna…

Langsung saja yah kita mulai langkah-langkah untuk melakukan Isolasi warna di Photoshop.

1. Buka fotonya di Photoshop

2. Lakukan duplicate layer (Tekan tombol Ctrl +J)

3. Pada Layer 1, pilih Image > Adjusment > Hue/Saturation. Setting Saturation ke -100 , lalu klik OK, sehingga image akan menjadi Hitam Putih warnanya.

4. Lalu buat layer Mask pada Layer 1 dengan cara pilih Layer > Layer Mask > Reveal All
5. Pada Layer 1, tekan tombol X utk memastikan kotak warna hitam berada di atas warna putih (Lihat lingkaran Merah). Lalu pilih Brush dengan cara menekan tombol B (lihat lingkaran Biru).
6. Pilih ukuran Bursh yg sesuai besarannya, lalu mulai lakukan Brush pada bagian foto yg akan diisolasi. Untuk merubah besar kecilnya ukuran Brush, tekan tombol “[“ (utk memperkecil ukuran Brush) dan Tekan tombol “]” (utk memperbesar ukuran Brush
7. Utk merapikan bagian Isolasi, tekan tombol X utk switch mejadi warna putih (Kotak putih ada di atas kotak Hitam). Lalu lakukan proses brush seperti langkah no. 6.  Lebih presisi, foto bisa di perbesar/Zoom in agar proses isolasinya rapi. Lakukan proses ini sampai proses isolasinya selesai

Proses isolasinya selesai deh…Mudah bukan…

Indahnya berbagi..Selamat mencoba…Keep Jepret MYers…

Sample gallery :


3 thoughts on “MY-ers Articles : Isolasi warna dengan Photoshop, By : Albert”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *