hasil

MY-ers Articles : Cross Processing : tahap demi tahap, By : Arif Kamaludin

Arif adalah salah satu MY-ers yang sudah lama bergabung. Idenya kreatif dan semangat bener kalau sudah motret + cobain gadget baru (termasuk yang keracunan lensa manual sama saya hahaha). Kali ini dia akan share soal post processing menggunakan Adobe Photoshop.

————————————

Bagi yang sering menggunakan Color Efex Pro dari NIK software (sebuah plug-in untuk photoshop), pasti familiar dengan “Cross Processing”. Ditulisan ini saya ingin “meniru” cross processing sekaligus menjelaskan prosesnya secara bertahap. Meskipun saya menggunakan photoshop di tulisan ini, namun cross processing dapat dilakukan di software pengolah gambar apapun yang menyediakan pemisahan channel warna misalnya GIMP yg sering saya gunakan. Yo wis… pertama saya kasih teasernya dulu. Sebelah kiri adalah foto sebelum diproses sementara hasilnya dapat dilihat pada foto di sebelah kiri.

Beforeafter
Sebelum cross processing (kiri), setelah cross processing (kanan)

Saya biasa melakukan post processing pada layer duplikat, sekedar bersikap konservatif kalau-kalau ada kesalahan fatal yang merusak foto yang sedang saya olah.

duplikasi
Duplikasi layer background

Setelah menduplikasi, klik pada layer duplikat, pilih tab channels, pilih red channel (ctrl+3). Lalu atur contrastnya diangka 40, caranya pilih image – adjustment – brightness contrast.

redchannel
Pastikan red channel yang dipilih yang ditandai dengan highlight warna biru di red channel
contrast
Naikan kontrasnya!

Selanjutnya pilih green channel. Lakukan hal yang sama seperti red channel diatas. Berikan contrast 40. Setelah itu klik RGB channel. Kembali lakukan adjustment brightness contrast dengan nilai brightness -5 dan contrast 5.

Voila!… Sebuah cross processing selesai dilakukan.

hasil
Hasilnya….

Cross Processing ini terbuka luas peluang untuk bereksperimen, tidak terbatas pada red channel dan green channel saja dan tidak hanya nilai kontras yang dimanipulasi. Oh iya, foto yang saya gunakan dalam tutorial (boleh ya dibilang tutorial) kali ini adalah hasil motret bersama dengan komunitas fotografi di kantor. Nama modelnya Ayu, yang mau pin BBnya please ping me..hahahaha…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *