MY-ers Articles : Angle Terbaik ada 1 Meter di Dekat Kita, By : Arif K

Setelah membaca buku THE PHOTOGRAPHER’S MIND karangan Michael Freeman, saya terinspirasi untuk belajar lebih banyak soal komposisi. Dari buku itu saya pelajari jika komposisi dalam foto landscape bergantung pada posisi dimana kita mengambil gambar (baca: angle) dan terkadang angle terbaik hanya ada satu meter dari tempat kita memotret.

…..

Menjelang akhir tahun saya mengambil cuti liburan ke Yogyakarta dan sudah saya niatkan untuk landscape-an. Awalnya sih mau motret di pantai Indrayanti, tapi karena terhambat waktu dan jarak akhirnya saya putuskan untuk memotret di candi Ratu Boko yang berlokasi tidak terlalu jauh dari candi Prambanan. Sebelumnya saya coba browsing di Google dan melihat sendiri kalau sepertinya sudah punya angle sejuta umat. Yang saya maksud adalah foto candi dalam bentuk siluet dengan background langit senja.

Awalnya saya tidak mengerti kenapa para fotografer gemar sekali memotret Ratu Boko dalam siluet. Setelah melihat dengan mata kepala sendiri akhirnya saya paham, ternyata banyak sekali orang yang duduk atau berfoto di depan candi di saat matahari terbenam. Menghilangkan para pengunjung di Photoshop pasti menjadi pekerjaan rumah yang menyiksa, makanya mereka lebih memilih untuk memotret dalam siluet. Anehnya, saya merasa harus punya juga satu frame angle sejuta umat ini… hehehe..

angle sejuta umat

 

Setelah memenuhi kewajiban untuk punya frame siluet, saya coba melihat sekeliling dan menemukan tumpukan batu yang menarik untuk diambil sebagai foreground dan kebetulan langit masih berwarna kuning keemasan, maka saya coba ambil satu-dua frame disana dan hasilnya:

Angle Pertama

Ada sedikit rasa tidak puas saat melihat hasilnya. Komposisinya seperti tidak punya arah, reruntuhan batu seperti terpotong untuk alasan yang tidak jelas, dan warna langitnya kurang memuaskan. Saya coba melihat sekeliling lagi dan bergeser ke kanan selangkah lalu…. ini dia… saya menemukan angle yang jauh lebih baik.

Dari sebelah kanan, reruntuhan batu ini bisa menjadi leading line ke arah candi Ratu Boko dan warna langitnya lebih memerah karena lebih dekat ke arah dimana matahari terbenam, kemudian ada segitiga tidak terlihat yang dibentuk oleh awan dan bebatuan yang mengarah ke candi Ratu Boko. Saya pikir ini sempurna, maka saya ambil sekitar 5 frame sebagai tindakan preventif seandainya ada kegagalan.

Penjelasan-Komposisi2

Post processing apa saja yang saya lakukan untuk foto ini?

Pertama adalah patching dan healing. Berbeda dengan fotografer lain yang pernah memotret Ratu Boko, saya dengan penuh rasa sabar dan ketabahan yang luar biasa rela melakukan patching dan healing demi menghilangkan para pengunjung yang ada di sekitar candi satu per satu.

Langkah berikutnya saya melakukan dodging di reruntuhan batu agar foregroundnya lebih terlihat menonjol. Hasil akhirnya sebagai berikut :

Hasil Akhir

EXIF :Foto diambil pada panjang fokal 11mm, f/10, 2sec, dan ISO 200. Saya menggunakan kamera Nikon D90, Lensa Tokina 11-16mm, filter HiTech tanpa holder karena Tuhan sudah memberikan filter holder terbaik yaitu tangan kita 🙂

 


5 thoughts on “MY-ers Articles : Angle Terbaik ada 1 Meter di Dekat Kita, By : Arif K”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *