MY Articles – UWA lens dengan Holder buatan sendiri, By : Muhammad Avinas

Sebagai seorang yg menyukai genre landscape saya sangat memimpikan mempunyai filter GND yg bisa dibilang wajib untuk memotret landscape.. kebetulan saya menggunakan lensa Tokina 12-24mm yg mempunyai ring diameter 77mm, otomatis harus menggunakan filter GND type Z series yg harganya lumayan mahal buat saya.. belum lagi di tambah ring dan holder yg membuat saya mengurungkan niat untuk beli filter GND..

Setelah browsing sana sini akhirnya saya punya ide untuk melakukan eksperimen bagaimana caranya agar lensa yg ring diameter 77mm bisa saya pasang filter GND type P series yg harga nya lebih murah dengan holder tapi tanpa ring..

Akhirnya saya membeli HITECH FILTERS 85 Grad Neutral Density Kit (Soft) w/ Plastic Holder dimana disitu filter GND sudah sepaket dengan holder plastik yg 3 slot.. setelah sampai rumah yg pertama saya lakukan yaitu holder saya buka lalu saya tempelkan ke depan lensa ternyata diameter holder (lubang untuk memasukkan ring holder) lebih kecil sekitar 1mm dari diameter lensa.. dengan hati2 saya beranikan untuk memotong lubang diameter holder (lubang untuk memasukkan ring holder) menjadi sekitar 0,5mm lebih kecil dari ukuran diameter lensa dengan menggunakan cutter..
0,5mm tersebut yg nantinya di jadikan buat mengunci holder dengan ulir lens hood, dengan cara sedikit ditarik saat memasukkan holder ke ulir lens hood..

Setelah holder berhasil terpasang di ulir lens hood, ternyata ada sedikit kendala yaitu terjadi vignette yg di akibatkan slot ketiga holder.. trus saya mencoba memotong slot ketiga tersebut dan akhirnya vignette pun hilang dan holder dan filter GND siap di pakai..

1001398_10200508357865620_1453628621_n

Click gambar untuk ukuran lebih besar – Keterangan gambar :

  • Gambar 1 adalah area yg di potong (tempat lubang untuk memasukkan ring holder) *pemotongan di sesuaikan dengan lebar lensa
  • Gambar 2 adalah lock untuk holder ke lensa (ulir lens hood), dalam gambar tersebut posisi sengaja saya balik agar kelihatan lock nya
  • Gambar 3 adalah posisi holder dan lensa sudah dalam posisi lock (atas dan bawah hampir sama, yg saya tampilkan hanya bagian atas saja)
  • Gambar 4 adalah area slot ketiga (slot paling atas) yg membuat vignette, saya potong jadi tinggal 2 slot
  • Gambar 5 holder dan filter GND siap untuk dipakai

Semoga Bermanfaat – Muhammad Avinas

 


Leave a Reply MY-ers ...