MY Articles : Teddy Bear, By : Helen Yuanita

Teddy bears remind us of the joy of being lived,
a symbol of care free moments of childhood.

Sinar mentari pagi menerobos ruang
Kicau burung bersimfoni nan merdu
Tumpukan mainan, deretan boneka
Begitu damai, begitu sukacita
Membawa pikiran melayang melintasi ruang waktu
Membangkitkan potongan memoar masa kecil
Hmm… betapa ingin saya kembali ke sana

April 2013, Harris Hotel Malang ~ Dino Kids Club.
Tawa renyah anak-anak bermain air di kolam renang mengiringi langkah saya mengitari ruangan kaca. Tidak ingin mengganggu gadis kecil yang sedang asyik mewarnai di dalam sana, saya hanya perlahan mengendap di luar, bertekad menyimpan momen ini dan menjadikannya abadi.
Boneka beruang besar di sudut ruangan menarik perhatian saya, ia mengingatkan akan boneka kesayangan dulu, yang setia menemani saat kesepian, tidak pernah bosan mendengar keluh kesah dan selalu menjaga saya dari mimpi buruk.

KLIK!
Hai beruang, kamu pun sekarang menjadi milik saya!

bear copy

Momen ini melibatkan emosi mendalam bagi saya, yang harapannya bisa terwakili dan tersampaikan melalui foto. Oleh karena itu saya berusaha menghidupkan “soul” dari foto, membuatnya sanggup bercerita, sehingga yang melihat dapat berimajinasi dan merasakan apa yang saya rasakan.

Foto ini diambil dengan CANON EOS 550D plus lensa 50mm dengan bukaan terbesar f/1.8.

Langkah pertama yang selalu saya lakukan adalah membuat S-Curve untuk meningkatkan Contrast.
Selanjutnya memberikan kehangatan melalui Warming Photo Filter dan menurunkan Saturation untuk kelembutan warna pastel khas anak-anak.
Sedikit sentuhan tone dengan menambahkan Layer Solid Color Brown (darken) + Solid Color Pink (soft light), kemudian atur Opacity-nya sesuai selera. Terakhir memperkuat kesan “memory” dengan menggeser Output Levels sehingga menghasilkan efek foto berkabut.
Tadaaa… jadilah foto kenangan si beruang…

Dan sebagai penutup, saya tambahkan tulisan “I MISS YOU”, sebagai curahan hati kerinduan akan memory masa kecil bersama boneka beruang.
Penambahan tulisan selalu menjadi bagian favorite saya (dan memakan waktu paling lama, LOL). Mulai dari memilih kalimat yang sesuai, menentukan posisi tulisan, pilihan jenis/warna/ukuran font sampai jarak antar kata/huruf/baris. Hingga akhirnya tercipta padu padan yang harmonis antara tulisan dengan foto.
Merasa tidak puitis? Silahkan Googling dan temukan tulisan yang sesuai dengan kata hati, sama seperti yang setiap kali saya lakukan.

When everyone else has let you down, there’s always Ted.
Have you hugged your teddy bear today?



One thought on “MY Articles : Teddy Bear, By : Helen Yuanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *