Milih kamera compact

Ok, first thing first…memilih kamera untuk kita memulai hobi. Apa sih yang jadi pertimbangan?

Dulu waktu pertama pengen coba motret aku pilih kamera jenis compact. Kamera compact pada prinsipnya yang sekali keluarin jepret jadi deh. Ada beberapa hal yang dipertimbangkan waktu memilih kamera jenis compact :

  1. Harga – kalau pilihnya jenis kamera compact so pasti kamu masih ragu – ragu, atau ada constraint biaya. Kalau benar demikian maka tentukan dulu deh budget kamu berapa. Kalau hanya punya budget 3 juta, ya jangan maksain beli yang 5 juta 🙂 pasti ada koq kamera yang sesuai dengan budget mu.
  2. Spesifikasi – ada banyak hal teknis yang menentukan pilihan, tapi berikut ada beberapa yang kamu bisa jadikan patokan :
  • MegaPixel (MP) – MP ini menyatakan seberapa besar foto kamu bisa dicetak tanpa pecah (tahu kan maksudnya? Itu lho…gambar kamu terlihat kotak2 kayak di sensor). Makin besar MP nya maka ya makin besar foto kamu bisa dibesarkan. Memang ukuran cetak tergantung beberapa hal lain selain MP, tapi biar gampang gini deh, sebenarnya kalo mau motret dan dibesarkan sampai kurang lebih 20 x 25 cm (ukuran 8R) maka kamu hanya butuh 5 MP saja. Jadi kalau tidak mau cetak guedeee ngapain juga beli kamera yang punya MP besar tapi harganya mahal? Lengkapnya bisa dilihat di :
  • Lensa – Yang ini gampangnya liat dari zoom-nya. Jangan lihat yang digital zoom nya ya, kalau digital zoom itu pada intinya cuma melakukan zoom aja, hasilnya tidak bisa optimal. Lihat zoom optics-nya, ini yang bener2 “ngefek”. Rule of thumbs nya sih pilih yang zoom optics-nya segede-gedenya. So kalau ada yang zoom optics-nya 4X dengan yang 6X ya pilih 6X kalau masih masuk ke budget. Kapan – kapan aku jelasin deh ya apa sebenarnya zoom optics itu.
  • Mode – Ini bukan mode dalam arti fashion lho, maksudnya gini….di kamera kan ada shooting mode (liat gambar dibawah). Nah shooting mode yang bentuknya gambar-gambar itu yang mode otomatis. Jadi kalau kamu pengen motret yang jeprat jepret saja ya cari yang mode otomatis ini yang sebanyak-banyaknya. Nah, kalau kamu ingin nantinya mengembangkan hobi motret kamu pilihlah yang ada mode Av, Tv dan M – nya. Ketiga mode ini dibutuhkan untuk kita “berkreasi”

  • Aksesories dan teknologi lain – Aksesories yang aku maksudkan disini misalnya ada flash bawaan tidak, apa jenis batere yang digunakan (menggunakan batere yang bisa charge ulang akan jauh menghemat biaya), jenis memory yang digunakan (Compact flash dan SDCard adalah yang umum digunakan), dll. Sedangkan teknologi lain adalah contohnya Image Stabilizer (IS). Teknologi ini memungkinkan kita mengambil foto yang tajam hampir setiap kali.

Lalu dimana kita cari – cari informasi buat beli ? Ada beberapa websites yang bisa dijadikan patokan untuk belanja nih :

Nah setelah liat – liat harga dan spesifikasi di websites diatas, kamu bisa beli di websites itu, atau pergi ke toko-toko kamera di pasar baru, mangga dua, atau Oktagon (di Jalan Gunung Sahari-dekat arah ke pasar baru). Nah tinggal pilih mana yang memberikan harga dan garansi yang paling ok….

MOTO YUK!!!




2 thoughts on “Milih kamera compact”

  1. Sebenarnya pula, dengan 6 MP full, kita masih bisa meresize tanpa pecah sampai ukuran 1,5 meter. Sudah cukup untuk membuat banner berdiri. Itu pengalaman saya dengan Nikon D40 dalam settingan full RAW (6.1 MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *