Menggunakan Photoshop Gradient Masking

Walau sudah menggunakan filter GND untuk mengatasi dynamic range (perbedaan exposure) antara bumi dan langit kadang kita masih belum puas. Untuk membalance exposure ini kita bisa dibantu dengan menggunakan tools “Level” yang ada di Adobe Photoshop. Sayang sekali kalau kita lakukan level secara umum maka seluruh foto akan terkena dampaknya. Hal ini membuat kita tidak lagi bisa balance exposure seperti tujuan awal. Oleh sebab itulah kita gunakan masking.

Berikut ini adalah contoh sederhana untuk menggunakan masking ini untuk mengubah foto yang sudah indah karya Musyawir berikut ini :

Menjadi seperti ini :

Step 1 : Buka file tersebut di Adobe Photoshop. Karena foto awalnya sendiri membutuhkan adjustment secara overall maka kita akan buat layer adjustment “Level” dengan menekan tab Layer / New Adjustment Layer / Level – metode ini dikenal dengan nama “non-destructive adjustment”

Step 2 : Lakukan adjustment level sesuai dengan selera / kebutuhan. Dalam kasus ini saya mendorong highlight dari 255 ke 160 untuk mengangkat detil yang agak under exposure. Dalam situasi yang berbeda bisa jadi berbeda pula adjustment yang diperlukan. Jangan khawatir soal foreground yang masih gelap, tujuan adjustment layer pertama ini hanya balance secara umum exposure foto terlebih dahulu.

Step 3 : Beres dengan exposure keseluruhan maka sekarang saya akan fokus membenahi exposure di foreground. Lakukan kembali step 1 untuk membuat layer adjustment level baru. Lalu sekarang adjust dengan fokus di foreground nya, tidak perlu lihat over exposure yang terjadi di background (lihat di gambar bawah langit menjadi cenderung sangat over, tapi tidak apa-apa karena nanti akan kita masking / tumpuk dengan adjustment sebelumnya – step 2). Dalam kasus foto ini saya adjust midtones dari 1 menjadi 1.6 – sampai foreground mendapatkan exposure yang kita inginkan.

Step 4 : Sekarang kita akan bersiap melakukan masking. Tekan F7 untuk memunculkan windows layer. Lalu pilih layer masking (bagian yang ditunjuk oleh panah merah di gambar dibawah) pada Layer Adjustment Level ke-2

Step 5 : Dengan layer masking terpilih, pilih tools Gradient Tool dari sidebar tools (apabila tidak muncul di Adobe Photoshop maka perlu dimunculkan dengan mencentrang dari Tab Window / Tools).

Step 6 : Pastikan setting gradient tool seperti yang tertera pada gambar di bawah ini

Step 7 : Tarik garis dari atas foto lurus menuju bagian bawah foto. Dengan demikian maka sebuah lapisan gradien dari hitam ke putih akan dibuat dari atas sampai bawah pada layer mask yang tadi kita pilih di step 4. Hal ini akan nampak nyata langsung pada foto kita. Sekarang foto kita akan menampilkan bagian atas (background) exposurenya seperti pada layer adjustment level 1, sedangkan foreground nya menggunakan exposure dari layer adjustment level 2.

Step 8 : Tinggal Save As dan pekerjaan anda selesai.

Ingat bahwa tingkat adjustment level yang saya gunakan disini adalah melihat situasi pada foto yang sedang digarap dan efek exposure yang diinginkan. Jadi jangan terpaku dengan angka yang saya gunakan disini. Adjust sesuai dengan kebutuhan saja. Teknik yang saya lakukan ini sebenarnya mirip dengan dodging & burning yang sudah umum dilakukan pada proses pengolahan foto digital & juga film sejak jaman dahulu. Hanya saja kita dimudahkan dengan menggunakan tools yang ada. Tidak perlu repot di kamar gelap.

motoyuk signature white

3 thoughts on “Menggunakan Photoshop Gradient Masking”

Leave a Reply MY-ers ...