Mendung Tak Selalu Berarti Hujan – Ujung Genteng Jan 2011 #2

Hari pertama saat kami tiba di Ujung Genteng cuaca tidak terlalu bersahabat buat fotografer, walau sangat bersahabat buat traveler, mendung tipis & suasana sejuk. Buat para landscaper ini cuaca yang tak menyenangkan, langit terlihat flat. Foto landscape juga akan kehilangan keindahannya. Itulah yang terjadi waktu memotret pertama kali di lokasi ini. Untunglah masih ada sedikit semburat biru di langit yang bisa di tangkap dengan baik oleh Canon 5d Mark II + 17-40 f4 L yang dibantu Hitech GND filter Hard Edge 0.9x.

Parameter pemotretan : Apperture Priority | f16 | 1/50 secs | ISO100 | 17mm | EV+1/3 | Hyperfocals Distance | GND HE 0.9x | Canon DPP for Raw Convertion + Adobe Photoshop for Additional Sharpening & Saturation

Siluet orang di kejauhan membantu keseluruhan foto ini karena memberikan elemen manusiawi pada foto landscape. Selain itu juga memberikan skala pada foto. Bebatuan hijau sudah pasti memiliki karakter warna tersendiri yang melengkapi warna langit yang biru dan pasir yang kekuningan.

Tak lama celah awan di langit agak membesar sehingga warna biru sedikit lebih banyak. Kesempatan langka di hari yang mendung. Jadi langsung saya coba cari lokasi dengan foreground yang lebih unik / berbeda. Saya menemukan batu – batu karang yang tegas & keras. Ada banyak genangan air di permukaannya. Hemmmm … sangat menarik menurut saya. Percobaan pertama saya adalah dengan menggunakan format portscape.

Parameter pemotretan : Apperture Priority | f16 | 1/25 secs | ISO125 | 21mm | EV+1/3 | Hyperfocals Distance | GND HE 0.9x | Canon DPP for Raw Convertion + Adobe Photoshop for Additional Sharpening & Saturation

Kali ini memang langit sedikit lebih baik, tapi nampaknya foreground nya belum sepenuhnya sesuai dengan keinginan. Maka saya coba juga format landscape dengan mengikutsertakan barisan pohon kelapa di kanan jauh. Teknik hyperfocals tetap saya gunakan karena jarak lensa dengan foreground hanyalah beberapa puluh centimeter saja. Jadi untuk memastikan saya memperoleh ketajaman maksimal di foreground & background maka saya gunakan teknik ini.

Apperture Priority | f16 | 1/25 secs | ISO100 | EV0 | 17mm | Daylight White Balance | Standard Picture Style | Hitech GND 0.9x HE | Canon DPP & Adobe Photoshop for additional saturation & contrast

Kali ini barulah saya mendapatkan yang saya inginkan, walau memang langit tidak sempurna. Foreground kali ini nampak lebih lengkap karena semua genangan tercakup sempurna. Sedangkan background juga lebih baik karena langit yang tidak terlalu bersahabat “disembunyikan”. Saya tidak menggunakan tripod pada pemotretan ini karena tidak mengira bahwa langit akan sedikit terkuak dan kelihatan biru. Untunglah speed yang diperoleh masih memadahi.

MOTO YUK!!!


Leave a Reply MY-ers ...