Membuat langit biru – apabila GND tidak tersedia atau langit flat

Kondisi ideal? Memotret menggunakan GND tentunya, supaya dynamic range antara langit dan darat bisa tercakup. Tetapi ada kalanya kita tidak membawa GND filter, atau memang langit sangat flat. Untuk itu kita perlu melakukan sedikit modifikasi pada langit sehingga lebih berwarna. Artikel ini sebenarnya idenya dari post di photoshop tutorial. So the credit are theirs πŸ™‚ – berikut adalah caranya :

Foto awalnya adalah :

Selanjutnya kita perlu membuat layer baru dengan menekan Shift + CTRL + N

Pastikan kita berada di layer yang baru sebelum melakukan langkah selanjutnya. Menggunakan lasso tools (L) kita akan melakukan selection di langitnya. Pertama pilih dulu area di sekitar langit.

Untuk kondisi langit yang sangat flat kita memiliki keuntungan karena bisa menggunakan Color Range dalam mempercepat proses selection. Sehingga tidak perlu terlalu rapi tidak apa-apa. Setelah langkah diatas maka Select / Color Range …

Pilih Fuzziness 100 (tiap foto berbeda ya kasusnya, jadi coba coba saja). Klik OK. Setelah itu selection akan lebih rapi mengikuti batasΒ  antara langit dan obyek di darat.

Sekarang kita siap memberi warna pada langit menggunakan Gradient Tools. Pertama-tama ubah dahulu foreground & background color. Pilihlah warna biru muda dan biru agak lebih gelap.

Lalu gunakan gradient tools dengan jenis Foreground to Background. Jenis gradient bisa dipilih mau Linear / Radial Gradient. Dalam kasus ini saya gunakan radial gradient. Tarik garis di layer untuk menunjukkan mana start dan akhir gradient.

Hasil awal mungkin masih terasa terlalu berlebihan dan cenderung artifisial.

Kita bisa atur opacity layer langit tersebut supaya lebih realistis. Dalam kasus ini saya atur menjadi 32%. Hasil akhirnya adalah :

Β 


3 thoughts on “Membuat langit biru – apabila GND tidak tersedia atau langit flat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *