Macro @ Setu Cikaret Cibinong

Iseng weekend? Macro salah satu obyek yang lumayan mudah ditemui, murah dan tetap menarik. Kali ini saya & Cynthia (my best friend & administrator motoyuk.com) hunting macro di cibinong, tepatnya setu cikaret. Lokasinya cukup mudah untuk dijangkau, walau agak jauh, sekitar 1 jam perjalanan dari Jakarta.

Lokasinya sendiri saya peroleh dari informasi di Fotografer.Net.

Peta Lokasi - click for larger image

Dari Jakarta kearah Bogor melalui tol Jagorawi, keluar KM 26 di Pintu Tol Cibinong/Citeureup,
setelah bayar tol, belok kanan (melalui bawah tol), jalan lurus melalui Jl Mayor Oking terus sampai ketemu pasar Jaya Cibinong dan ketemu Jl Raya Bogor (pertigaan), ambil yang ke arah kiri/Bogor. Kurang lebih 2 km dari pertigaan tersebut (100 m setelah Pom bensin sebelah kanan) ada lampu merah. Ambil arah ke Jl Cikaret, ikuti saja jalan Cikaret tersebut sekitar 5 km hinga ketemu Setu Cikaret / Danau Cikaret (ada di sebelah kiri jalan). Sebelum Setu ada jembatan, belok kiri dan parkir di sekitar mesjid. Lokasi hunting berada di ladang-ladang yang ada di sekitarnya.

Cukup banyak obyek macro yang bisa kita peroleh disana. Karena kondisi agak mendung maka saya menggunakan bantuan tripod dan flash (built in). Untuk menghaluskan cahaya yang dihasilkan oleh flash maka saya menggunakan semacam mini softbox yang dibuat dari bekas plastik rol film. Cukup dilubangi lalu ditutupkan ke flash built in. Kalau tidak ada itu maka kita bisa menggunakan diffuser / tissue / kertas kalkir. Yang penting, berikan jarak antara diffuser dengan kaca flash, supaya tidak panas & terbakar.

Salah satu obyek yang sedang banyak adalah belalang, selain itu juga ada lalat dan lady bug.

Lalat & Mata Facet-nya | Photographed by Cynthia - Penggunaan EF 100mm f2.8 IS L membuat ambient light tetap bisa di tangkap dengan sempurna

Selain itu juga ada serangga dengan warna tubuh kecoklatan, berada di dedaunan yang hijau, kontras …. Untuk pemotretan macro bidik menggunakan auto focus lalu maju mundur secara perlahan hingga mendapatkan fokus yang benar-benar tepat. Hal ini dikarenakan depth-of-field yang sangat tipis pada pemotretan macro.

Atau laba-laba yang jadi menarik karena kita potret dengan flash off-shoe dengan focal length 100mm? Seperti di spotlight saja …

Dalam pemotretan macro penggunaan custom function agar menekan tombol shutter setengah hanya melakukan Auto Exposure Lock (dan bukan focusing seperti biasa) sangat membantu. Hal ini dikarenakan jika tidak maka kita harus menekan tombol shutter setengah secara terus menerus saat melakukan manual focusing.

Salah satu serangga yang paling unik (saya tidak tahu namanya) memiliki mata dengan warna biru yang sangat indah. Layaknya mata orang eropa saja :p Tentunya mata ini tidak akan terlihat dengan mata manusia biasa, karena ukuran serangga ini hanya sekitar 0.75 cm panjangnya. Sangat kecil.

MOTO YUK!!!


7 thoughts on “Macro @ Setu Cikaret Cibinong”

  1. Macronya tajam, compo dan tonesnya woke banget, … share juga dong foto landscape Setu Cikaret Cibinongnya bagus lho… temen sy udh pernah foto di sana dan hasilnya bagus2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *