Macro on 5d Mark II

Bermaksud menguji coba kemampuan 5d Mark II dipadukan dengan Canon EF 100mm f2.8 Macro saya mencari obyek di kisaran rumah, di kota wisata cibubur. Menurut situs photozone seharusnya paduan ini memiliki tingkat resolusi yang tinggi.

Canon 100mm f2.8 di 5d Mark II

Untuk lokasi saya mencari semak-semak yang berada di dekat dengan air yang tenang (danau dalam hal ini). Umumnya serangga menyukai area seperti ini. Untuk pemotretan ini saya menggunakan tripod & flash. Flash saya pasang langsung di atas kamera untuk mempermudah, akan tetapi agar lebih lembut saya gunakan diffuser.

Untuk mempermudah mendapatkan fokus dan memaksimalkan ketajaman saya gunakan fitur live view. Jadi setelah kamera selesai di posisikan dengan tripod saya zoom 5 sampai 10 kali, lalu focus ring saya putar manual. Saya tidak menggunakan autofocus karena pada pemotretan macro geser sedikit saja sudah out of focus. Jadi focusing manual akan jauh lebih fleksibel.

Click for better resolution

Saya menggunakan apperture f16 untuk memastikan paling tidak bagian badan dari belalang ini masih masuk ke ruang tajam. Memang dengan demikian saya tidak menggunakan sweet spot dari lensa ini (di grafik sebelumnya kita bisa lihat sweet spot nya adalah f5.6). Akan tetapi memilih ketajaman dan ruang tajam saya pilih ruang tajamnya dulu.

Sayang sekali saya masih “kelupaan” menggunakan ISO 400. Akibatnya shutter speed yang dihasilkan masih 2 seconds dan mengakibatkan antena belalang menjadi seakan-akan ada 4. Hal ini dikarenakan pada shutter speed serendah ini maka gerakan antena ini menjadi terekam.

Oh ya, saya memotret tentunya dalam RAW dan memprosesnya dengan Canon DPP. Saya menaikkan sharpness nya dari +7 menjadi +10, selain itu saya ubah juga shadow nya menjadi -1. Auto White Balance yang saya gunakan agak kurang hangat, sehingga di Canon DPP saya ubah menjadi Daylight. Sedangkan Adobe Photoshop saya gunakan untuk memberikan vignette & framing + tulisan.

Selamat menikmati.

MOTO YUK!!!


5 thoughts on “Macro on 5d Mark II”

  1. Usul! Gimana kalo ada olah digital baik sedikit/banyak disertakan before and after biar kita bisa tau efek dari action tersebut. Thx

Leave a Reply MY-ers ...