Macro Concept

Weekend lalu adalah pengalaman pertama saya melakukan pemotretan makro konsep. Yang di maksudkan dengan makro konsep adalah pemotretan makro dimana binatang dan scene di atur berdasarkan konsep tertentu. Jadi bukanlah pemotretan di habitat asli serangga tersebut.

Ada pro dan kontra mengenai hal ini. Tetapi menurut saya (apalagi setelah merasakannya sendiri) bukan berarti pemotretan konsep lebih mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang dan teknik yang baik pula untuk mampu melakukannya.

Yang penting menurut saya adalah : Jangan kita menyiksa serangga / binatang demi kepentingan fotografi semata – misalnya dengan membekukan serangga di freezer, memberikan makanan tertentu yang berbahaya, dll. Sejauh itu masih dijaga, dan setelahnya serangga dilepaskan ke alam bebas maka saya rasa pemotretan konsep ini baik adanya.

Kebetulan saya tidak sempat lama berada di lokasi, mungkin my-ers lain bisa share juga teknik lain yang digunakan. Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan meletakkan siput kecil (bisa di peroleh di habitat mereka di area lembab dekat kebun dll) di bunga, dengan kondisi pencahayaan backlight. Bunga sendiri bisa di jepitkan ke tripod demi stabilitas dengan menggunakan photo clam.

photo clam

Cari background yang gelap (misalnya rerimbunan pohon) atau sinar yang menerobos rimbun pohon (sehingga menjadi bokeh). Cangkang siput apabila dalam posisi yang tepat bisa tembus pandang dan kelihatan sangat menarik.

Snaily Snail
Dalam pemotretan ini saya kurang sempurna dalam hal pencahayaan. Masih kurang terlihat efek bakclight yang maksimal. Tapi kurang lebih ini adalah konsep nya - Fuji XT1 + Nikon AFD 105mm f2.8 - f8 iso1600 Velvia

Salah satu konsep yang lain adalah dengan menggunakan piring datar. Di atas piring bisa kita letakkan 2 potong tanah dengan rumput / lumut di atasnya yang terpisah jarak. Lalu kita bisa isi air sehingga tanah-lumut tadi menjadi ibaratnya 2 pulau kecil. Berbagai serangga bisa kita letakkan di atasnya, salah satunya adalah semut rang rang, dan mereka biasanya akan berusaha melintas. Momen saat mereka melintas itulah yang di cari cari. Kondisi pencahayaan bisa tetap backlight.


Photo courtesy of : Rachmat Yulyanto

Konsep lain adalah dengan menambahkan jamur (bisa dibeli di supermarket) di atas pulau kecil tadi. Nampaknya lady bug memiliki kecenderungan untuk naik ke puncak jamur, dan kemudian terbang. Posisi saat mereka siap terbang itulah yang diincar. Tentunya continuous shots dibutuhkan dalam konsep yang ini.

 Posed ....
Saya juga kurang beruntung dalam pemotretan ini karena lady bug belum juga mau terbang - salah satu kesulitan pemotretan menggunakan lensa manual :)

Demikian beberapa share fotografi makro konsep yang dilakukan oleh tim motoyuk dalam hunting bersama di weekend lalu (Jakarta-Bogor dan Bandung).


Leave a Reply MY-ers ...