Lensa Fuji yang Mana?

Setelah post body kamera Fuji yang mana, saya mau ulas sedikit mengenai lensa yang mana untuk kamera fuji yang di beli. Ini tentunya bukan rekomendasi teknis berdasarkan chart dll, lebih ke pengalaman saya dengan beberapa lensa Fuji yang saya gunakan dan juga genre saya. So kalau MY-ers beda genre tentu saja bisa punya preference yang berbeda.

Sejauh ini lensa dengan X Mount yang saya miliki (hasil konversi dari seluruh koleksi Canon saya sebelumnya) :

  • Fuji XF 10-24mm f4 R OIS
  • Fuji XF 18-55mm f2.8-4 R LM OIS
  • Fuji XF 55-200mm f2.5-4.9 R LM OIS
  • Fuji XF 18mm f2 R
  • Fuji XF 23mm f1.4 R
  • Fuji XF 35mm f1.4 R
  • Fuji XF 56mm f1.2 R
  • Samyang Fish Eye 8mm f2.8 MK2
  • Samyang 12mm f2

Sedangkan koleksi lensa tua untuk keperluan moto manual focus dengan metabone speed booster saya fokuskan pada lensa Canon FD. Hal ini supaya saya cukup punya 1 adapter speed booster saja. Lebih hemat. Sejauh ini ada 3 lensa : FL 55mm f1.2, FD 50mm f1.4 SSC dan FD 135mm f2.

new-fuji-lenses

Ada juga lensa Zeiss Flektogon 35mm f2.4.

————————-

Rekomendasi buat jadinya yang mana? 

Sebenarnya ini sangat tergantung pada genre pemotretan yang akan dilakukan. Tetapi summary mungkin bisa seperti di bawah ini :

  • Travel  / Landscape : untuk keperluan ini saya mengandalkan 2 lensa utama, yaitu XF 10-24 dan XF 55-200. Dua lensa ini bisa dibilang multi fungsi dan mencakup banyak genre. Mulai dari landscape, arsitektur, sedikit street, candid, dll.
  • Astro : Pemotretan milky way saya mengandalkan lensa samyang 12mm f2. Karena cakupan ultra wide dan aperture yang super lebar nya memungkinkan saya menggunakan iso800 atau 1600 sehingga lebih bersih dari noise.
  • Architecture : saya menambahkan Samyang FE 8mm selain lensa XF 10-24 apabila saya berencana memotret arsitektur / interior.
  • Street : Andalan saya adalah 23mm f1.4 dan kadang 55-200 untuk candid nya atau 18mm untuk dapat sedikit lebih wide nya.
  • Model : andalan tentu saja antara 56 f1.2 atau 35 f1.4 – kalau non fuji saya gunakan Canon FL 55/1.2 dan FD 135/2
Bombo Quarry

So, 18-55 buat apa? Ini all round lens saya untuk kegiatan liputan / acara kantor / keluarga. Praktis, mungil dan cakupan focal length nya lebar. Lensa ini bisa jadi pertimbangan apabila hanya punya 1 lensa saja, atau baru saja beli system Fuji.

Kunjungi halaman FLICKR saya sehubungan dengan foto perjalanan (travel photography) dengan berbekal XF 10-24 dan XF 55-200 di SINI.

Sedangkan lensa pancake 18mm f2 adalah lensa mungil. Lensa ini saya gunakan apabila tidak yakin ingin motret, ingin bawa kamera, tapi gak pengen berat. Lensa ini luar biasa ringkas dan mungil. Seakan bawa body kamera doang.

X_index

Bagaimana pendapat saya dengan lensa yang baru / masih upcoming? Secara kualitas saya tidak bisa komentar karena belum coba. Tapi saya tidak terlalu tertarik dengan 18-135mm yang baru, walaupun itu weather resistant. Simply karena terlalu besar, sementara saya beralih ke mirrorless karena ingin ukuran yang kecil dan ringan.

Sama halnya dengan lensa baru 50-140mm f2.8 – dengan berat 1 kg jelas ini bukan lensa saya. Apalagi dengan genre saya yang lebih suka menggunakan lensa tele pada bukaan sempit. Tidak ada keperluan buat saya untuk memiliki f2.8 pada 140mm misalnya.

Lensa baru yang menarik buat saya mungkin adalah 100-400mm f4-5.6 OIS … ini lensa yang asyik buat wildlife dan juga landscape. Akan tetapi harganya bisa bikin pingsan

Image Quality

Salah satu enaknya pakai Fuji (buat saya) adalah lensa yang tersedia untuk dipilih adalah semua lensa berkualitas. Gak perlu pusing milih lensa yang mana, hampir tidak ada yang overlapping (walau sekarang mulai ada dengan 16-50 vs 18-55 vs 18-135).

Image quality nya bisa dibilang seragam antar lensa. So pemilihan lensa relatif mudah … cukup pilih yang focal length nya kita butuhkan.

Tentu saja hal ini pasti berubah ke depannya dengan makin matang nya sistem lensa Fuji. Tapi paling tidak itu yang saya rasakan saat ini. Buat yang mencari sistem dengan lensa bejibun pilihan, tentu saja ada banyak sistem lain yang lebih bisa meng akomodir kebutuhannya.

 

Seri artikel yang terkait :


68 thoughts on “Lensa Fuji yang Mana?”

  1. Mas saya tadinya ingin beli xt 20 dengan xf 35mm f/1.4 , karena katanya bokehnya mantep, dan lensa mata manusia gitu ya? Tapi karena kosong, menurut mas lebih baik xf 35mm f/2, atau xf 23mm f/1.4? Lebih baik saya memilih yg mana ya mas? Lebih baik saya mengejar bokeh, atau focal length? Saya untuk foto baby, makanan, traveling. Saya berharap komen saya dibalas. Karena saya sudah bertanya kesana kemari ngga dpt jawaban :'( makasih mas

  2. Mas, kalau lensa dgn harga yg ga terlalu mahal misal fuji 27mm f2.8 buat street photography cocok gak? Minta sarannya mas hehehe

  3. Gan, saya baru punya fuji XA3 kit, pengen beli lensa zoom krn lebih senang candid..
    Tolong referensinya dong..
    Dan apa bedanya lensa seri XC, XF dan yang lainnya.. & apakah bisa dipasang pada body yg saya punya.
    Thanks

  4. Bang, saya pemula sih di bidang kamera, kalo mau beli lensa budget 6jutaan yg easy to use dan bagus kira-kira lensa fuji yg mana ya? kalo fujinon XC 50-230mm f4,5-6,7 gmn bang?

  5. mau beli fujifilm XA3, bawaan lensa nya dapat 16-50 itu ok untuk foto apa aja ya gan?
    kalo misal beli XA3 dan bisa milih lensa, disarankan lensa yang mana ya gan?
    untuk keperluan foto2 travelling dan foto2 makanan…
    ditunggu jawabannya gan 🙂

      1. Ikuta nimbrung, karena kamera saya juga XA-3 dan keperluannya juga sama utk traveling dan food.
        Krn saya newbie, jadi masih bingung nentuin antara 35/2 atau 35/1.4 bedanya gimana? Makasih banyak

  6. Kak boleh minta masukan saya suka traveling, dan untuk foto saya cenderung ke landscape,Street,kadang candid atau pun selfie kadang kak, suka boleh juga, menurut kaka yang pas buat traveling yang mana Fujinon fx 16mm f1,4(14jtan) atau Fujinon fx10-24mm f4 + fx 35mm f1,4,(17jtan) menurut kaka gimana, trus niat nya mau ambil x-e2 yang kisaran harga 5jlan 2nd apa masih layak untuk 2018 ke depan mohon jawaban nya. Muhammad Nurruddin jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *