Lens Hood – Perlu gak sih?

Banyak argumen mengenai penggunaan lens hood. Yang terakhir ini saya dengar dari seorang maestro fotografi Indonesia. Dia bilang “lens hood ga perlu, tidak ada bedanya hasil foto yg diambil dengan atau tanpa lens hood. Hanya ada satu kondisi dimana lens hood berguna, yaitu saat sinar (matahari) datang dari samping

Saya setuju dengan sebagian argumen diatas. Memang benar bahwa lens hood baru efektif bila cahaya pada sudut tertentu. Di kebanyakan waktu kondisinya tidaklah demikian. Di kebanyakan kondisi cahaya datang dari sudut yg tidak terbantu dengan penggunaan lens hood.

Tapi lens hood tidak hanya untuk kepentingan itu. Proteksi. Itu salah satu alasan saya mengenakan hood di lensa-lensa utama saya. Ada 2 hal yg dibantu lens hood. Pertama adalah “menyaring” debu yg berkeliaran, hal ini terutama berlaku untuk hood dengan lapisan semacam beludru di bagian dalam. Si beludru inilah yg menahan sebagian kecil debu mengenai (dan masuk pada beberapa lensa yg tidak weather shield) ke lensa.

Fungsi proteksi kedua adalah terhadap benturan. Saya beberapa kali terselamatkan saat lensa saya menghantam entah punggiran tuk tuk, atau kendaraan. Maklum, hood memberikan ruang sehingga benturan tidak langsung mengenai bagian depan lensa / filter.

So? Hood atau no hood? Your choice 🙂

MOTO YUK !!!




Leave a Reply MY-ers ...