Lee Big Stopper – ND 10 Stop

Neutral Density (ND) filter adalah filter yang digunakan untuk menurunkan jumlah cahaya yang masuk dan akhirnya mengenai sensor. Filter ini (terutama untuk yang sangat gelap) adalah salah satu filter yang sangat sulit dibuat. Hal ini karena dia harus mampu memblok seluruh spektrum cahaya (MeJiKuHiBiNiU). Salah satu lolos lebih banyak maka terciptalah color cast.

Ini lebih sulit lagi di ND dengan tingkat kegelapan luar biasa seperti misalnya 10 stop. Pada filter yang mampu membuat shutter speed 1/30 seconds menjadi 30 seconds ini cahaya yang diteruskan hanyalah 0.1 % cahaya awal. Luar biasa sulit tentunya membuat filter yang demikian. Itu sebabnya kebanyakan filter ND dengan kekuatan seperti ini mahal dan jarang bisa ditemukan.

Hoya NDx400

Saya awalnya menggunakan filter Hoya NDx400 (9 stop ND) dikarenakan harganya relatif terjangkau. Hasilnya tidaklah buruk, ada sedikit magenta color cast, tapi masih ok.

Kerepotan saya adalah filter ini bentuknya bulat. Karena sangat gelap maka untuk melakukan komposisi dan focusing (saat menggunakan lensa AF) maka saya perlu melepaskannya. Setiap kali memasang dan melepas filter ini bisa bikin nafsu motret turun drastis hahaha. Belum lagi kalau dikombinasikan dengan GND filter holder, wah bisa bikin mood berantakan hahaha.

Oleh sebab itu akhirnya saya beli ND dalam bentuk kotak, sama seperti GND saya. Dulu sempat coba Hitech ND, tetapi bikin sakit kepala karena magenta color cast nya parah. Jadi terpaksa saya rogoh kocek dalam dalam untuk membeli Lee Big Stopper.

big-stopper

Tapi filter yang satu ini, sudah rogoh kocek pun belum tentu dapat. Barangnya super langka. Saya terpaksa berburu di eBay. Dengan segala drama saat filter terlambat sampai di Indonesia dan berseteru dengan penjualnya. Tapi akhirnya filter di tangan juga.

Filter ini terbuat dari kaca, bukan resin seperti GND. So kualitasnya mantap. Selain itu dia di sertai dengan semacam foam gasket yang saat kita pasang di lee holder akan menghalangi cahaya bocor masuk ke dalam lensa lewat sela sela filter Рholder. Rapat mantap. Karena terbuat dari kaca maka filter ini relatif lebih mudah dibersihkan dan tahan gores dibandingkan dengan GND.

Performance

Filter ini memiliki sedikit color cast biru. Ini relatif mudah di tangani karena tinggal diatur ulang white balance nya. No issue. Ambillah foto dalam format RAW untuk mempermudah post pro dan menetralkan blue color cast tersebut.

Sanur_IMG_9138_DxO-web

Canon 5dm2 + CZ 18mm | Manual mode | f11 15secs iso100 | GND Reverse 0.9 + Lee Big Stopper

Tingkat ketajaman gambar pun masih sangat baik. Tidak ada masalah. Sebagai ND filter ini memang ND filter terbaik boleh dikatakan.

Menggunakan filter ini apabila sudah terbiasa dengan GND holder juga sangat nyaman. Mudah digunakan dan cepat untuk melakukan focusing / recompose. Jauh berbeda pengalamannya dengan filter ND yang bulat. Cuma memang untuk bisa menggunakan filter ini kita membutuhkan (wajib) filter holder.

Cara pakai

Seperti telah disebutkan, untuk menggunakan filter ini maka filter holder hukum nya wajib. Apakah harus filter holder Lee, saya rasa tidak, walau pada saat uji coba ini saya menggunakan filter holder Lee.

Mengening Pink Sunset
Canon 5dm2 + CZ18mm | Manual f22 iso100 30secs | GND Reverse 0.9 + Lee Big Stopper 

  1. Pasangkan kamera di atas tripod, long shutter speed jelas tidak mungkin tanpa tripod.
  2. Sebelum filter ini digunakan / dipasang maka aturlah komposisi & lakukanlah focusing terlebih dahulu dan non aktifkan AF setelahnya. Setelah filter ini dipasang cenderung sangat gelap sehingga sulit melakukan komposisi dan focusing.
  3. Apabila akan menggunakan GND maka atur dahulu posisi GND.
  4. Lakukan metering, dan catat exposure parameter nya. Misalnya f8 1/30secs iso100
  5. Pasangkan filter ND tersebut di slot paling dekat dengan kamera – slot pertama.
  6. Ubah kamera ke mode Manual, setelah ND filter dipasang maka cahaya yang masuk ke kamera sangatlah sedikit, kebanyakan kamera gagal melakukan metering dengan benar.
  7. Set aperture dan iso sesuai dengan saat awal : f8 iso100
  8. Untuk shutter speed lihatlah kartu petunjuk yang diberikan oleh Lee, disitu kita bisa lihat untuk 1/30secs awalnya maka setelah menggunakan ND ini membutuhkan shutter speed 30 secs.
  9. Setelah semua di setting maka tinggal jepret

Mengening in slow shutterCanon 5dm2 + CZ18mm | Manual Mode | f11 iso100 30secs | GND Reverse 0.9 + Lee Big Stopper

Kadang perhitungan ini agak meleset sedikit sedikit. Kita tinggal atur ulang shutter speed / iso / aperture sesuai dengan kebutuhan / hasilnya.

So, kalau my-ers butuh ND dengan kekuatan super … Lee Big Stopper adalah salah satu yang sangat layak untuk di pertimbangkan.


11 thoughts on “Lee Big Stopper – ND 10 Stop”

    1. lee big stopper agak langka memang .. karena dibuatnya “manual” sehingga jumlah terbatas.
      Focus nusantara biasanya menyediakan apabila sudah memiliki stok
      Saya sendiri waktu itu beli via ebay

  1. dari hasil beberapa review, ternyata haida nd 3.0 1000x berhasil mengungguli lee big stopper apalagi hitech, mohon pendapatnya…

Leave a Reply MY-ers ...