Landscape on Fuji X Pro1? Why Not?

Saya adalah yang pertama penasaran bagaiman performance Fuji X Pro1 saat digunakan untuk pemotretan lanskap. Maklum baru pindah agama dari NEX. Jadi penasaran apakah bisa sama bagus, atau lebih bagus dari NEX.

Kebetulan sekali MY-ers Siem MingChaw yang ikut dalam mentoring di Bali menggunakan Fuji X Pro 1 – lengkap dengan lensa wide 14mm milik Fuji. Lensa ini adalah, sejauh ini, lensa paling lebar milik Fuji. Di akhir November ini teori nya Fuji akan meluncurkan XF 10-24 f4 sebagai lensa ultra wide angle (siap siap pecah celengan ayam).

Selain itu Siem menggunakan jenis sistem GND baru, yaitu sistem Seven 5 milik Lee. Sistem ini alih alih menggunakan GND dengan ukuran besar, ukurannya relatif kecil : 75 x 90mm. Selain ukurannya kecil dan sangat ringan holder nya, filter ini bisa dibeli terpisah (satuan – bukan set seperti Lee GND umumnya). Pilihannya pun sudah lengkap, mulai dari Hard, Soft, maupun Reverse (dari produsen Singh Ray)

Berikut adalah foto yang dihasilkan dan juga share dari Siem :

Lanskap on Fuji

Pantai Mengening 
Fuji X-Pro1 & XF14mm
ISO 200 f/18 , 2 sec – Singh Ray GND Reverse 0.9 (Lee Seven 5 System)

Sewaktu disana di hari pertama (kita pergi 2x ke Mangening), langitnya sangat flat, sewaktu sunset, mataharinya bersembunyi di balik awan. Banyak yang frustasi termasuk saya dengan kondisi sunset yang kurang ideal langitnya. Saya termasuk yang pertama kali menyerah, dan lebih memilih motret rombongan remaja yang bermain di pantai, lalu naik ke atas ke tempat parkir mobil.

Ternyata dari tempat parkir mobil view nya bagus, dan tiba-tiba langit berubah warnanya jadi kemerahan. Foto diambil pukul 18.15, sedangkan sunsetnya pukul 17.45. Beberapa kali jepret untuk mendapatkan bentuk ombak yang melingkar.

Lesson learned :
Kebiasaan jelek saya sebagai pemula, biasanya cepat menyerah dan langsung membereskan peralatan jika sunsetnya jelek. Ataupun kalau sunsetnya bagus, biasanya saya langsung beres-beres setelah matahari tenggelam di balik horizon.

Dari hunting kemarin, saya mendapat pelajaran berharga, tunggulah beberapa saat setelah matahari tenggelam, warna langit bisa tiba-tiba berubah menjadi bagus dengan cepatnya.


5 thoughts on “Landscape on Fuji X Pro1? Why Not?”

    1. Nanti saya coba tulis artikelnya secara lebih lengkap. Tapi saya tidak pilih XM karena saya butuh viewfinder, pengalaman dengan NEX menggunakan LCD agak sulit apabila sedang terang benderang.
      So pilihan saya antara XE atau XPro. XPro berbeda dari XE dengan memiliki optical viewfinder
      Saya sudah mau pilih XE sebenarnya, tetapi promo XPro waktu itu sangat menggoda, akhirnya saya pilih XPro
      Begitu sejarahnya

Leave a Reply MY-ers ...