Komposisi – Triangle Method

Selain teknik komposisi “Rule of third” yang sudah dibahas sebelumnya, ada pula teknik lain yang dikenal dengan “Triangle Method”. Metode ini secara prinsip “meletakkan” segitiga dalam foto yang kita miliki. Segitiga ini tentunya tidaklah berarti harafiah, melainkan geometri yang mirip dengan segitiga.

Contohnya di foto dibawah ini :

Sample 1

Dalam foto ini garis grafik dan posisi kacamata seakan menjadi segitiga imajiner. Keberadaan segitiga imajiner ini juga secara “tidak sadar” dirasakan oleh otak manusia sebagai sesuatu yang lebih artistik, lebih indah. Oleh sebab itu coba amati foto-foto yang dirasakan indah secara komposisi, menarik untuk dilihat, coba pahami ada dimana segitiga imajinernya.

Sample 2

Melihat segitiga imajiner dalam foto di atas? Daun dan kepik menjadi garis-garis pendukung segitiga imajiner yang dibutuhkan. Bagaimana dengan foto dibawah ini :

Sample 3

Kedua pilar merupakan sisi luar dari segitiga imajiner.

Tentunya sama seperti rule of third, teori komposisi ini tidaklah valid di semua jenis foto. Tergantung kecermatan kita melihat bagaimana suatu teori bisa diaplikasikan. Makin sering kita menggunakannya maka teori itu sudah tidak lagi dipikir, tetapi menjadi refleks. Saat itulah komposisi kita menjadi benar-benar lebih baik.

MOTO YUK!!!

3 thoughts on “Komposisi – Triangle Method”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *