Komposisi – Other techniques

Ada beberapa teknik lain yang mungkin tidak sepopuler Rule of Third, Leading Lines, atau yang lainnya. Diantaranya adalah menggunakan circle / pusaran :

Spiral / Circle / Pusaran - Sample

Susunan kelopak bunga dalam foto ini membuat mata kita secara tidak sadar menelusuri semua bidang foto (mirip dengan pendekatan teknik leading lines).

Teknik yang lain lagi adalah ritme, dimana kita memotret suatu obyek yang seragam / beraturan. Dalam contoh yang saya ambil dari internet ini teknik zooming digunakan. Akibatnya adalah campuran antara teknik komposisi ritme (obyek yang mirip diletakkan beraturan), rule of third (si ayam biru) dan leading line (karena efek zooming). Hal ini membuat komposisi-nya lebih menarik :

Ritme - Sample

Teknik lain lagi dikenal dengan nama “Negative Space” dimana kita meletakkan “obyek utama” dengan porsi yang kecil, sehingga background (si negative space) menjadi penarik perhatian dan dengan demikian menjadi obyek utama itu sendiri.

Negative Space - Sample

Dalam contoh yang saya juga ambil dari internet ini obyek utama sebenarnya awalnya adalah batang-batang gandum. Tetapi karena dia di lingkupi oleh langit biru yang sangat mendominasi maka seakan-akan langit biru itulah si obyek utama nya. Perpaduan warna biru dan kuning juga sangat pas, harmonis, sehingga menguatkan komposisi dari foto-nya.

MOTO YUK!!!

2 thoughts on “Komposisi – Other techniques”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *