“Kids & Children” Learning Challenge

Minggu lalu penuh dengan foto cantik dengan BW yang kental. Saya suka dengan foto BW karena karakternya yang kuat, pattern dan gradasi warna akan terlihat nyata. Eric Bonkhz memiliki foto yang sangat kuat … efek repetisi, dipadu dengan pencahayaan dan obyek yang unik.

Serenity
1/3200 sec at f1,8, ISO 3200, 35 mm

Berikut adalah salah satu keterangan yang di share di FB oleh Eric : “awalnya liat patung ini menarik kalo ditampilkan secara syahdu, jd lingkungan sekutar biar ilang dipake mode TV dgn tujuan hanya patung yg terlihat. Kebetulan pake live view jd bisa setel visualisasinya yg kita mau. Itu hrsnya iso bs diturunin biar hasil foto lbh halus lg, tp telanjur pake auto euy”

—–

Untuk Learning Challenge berikutnya topik yang dipilih oleh Eric sebagai pemenang challenge sebelumnya adalah “Kids / Children

Pemotretan anak – anak tidaklah mudah. Mengingat mereka sangat ekspresif, sulit di suruh pose (malah jadi tidak natural) dan sangat aktif. Beberapa kunci pemotretan jenis ini adalah :

  • Coba gunakan berbagai sudut pandang. Tidak hanya memotret dari atas (sembari kita berdiri) tetapi juga dengan berjongkok. Posisi ini meletakkan kita sejajar dengan posisi anak anak, yang cenderung menampilkan anak apa adanya. Sudut pandang atas akan menampilkan foto yang lebih superior
  • Gunakan shutter speed yang memadahi untuk pergerakan mereka – paling tidak 1/200secs. Untuk ini kita membutuhkan ISO tinggi atau (lebih baik) aperture lebar (bonus : background blur)
  • Berikan obyek untuk mereka bermain – entah itu bola, gelembung sabun, apapun agar mereka beraksi dengan sendirinya.
  • Gunakan lensa yang agak lebih tele supaya kita bisa menangkap ekspresi mereka secara lebih bebas dari jarak agak jauh

Have fun 🙂 ……

Leave a Reply MY-ers ...