Kamera Fuji yang mana?

Ada banyak MY-ers yang nanya ke saya mengenai kamera Fuji yang mana yang sebaiknya dipilih kalau mau coba / hijrah. Daripada mengulang berulang kali, so lebih baik saya tulis saja mungkin ya.

Ganti lensa vs Gak Ganti Lensa

Fuji punya 2 kategori besar terlebih dahulu, yaitu kamera yang bisa ganti lensa dan yang gak bisa ganti lensa. Ini tergantung kebutuhan, kalau suka yang enteng ya gak ganti lensa, karena sudah pasti ukuran lebih kecil. Tapi kalau mau fleksibel ya cari yang bisa ganti lensa.

Yang gak bisa ganti lensa ada yang ukuran sensor kecil : X10, X20 dan X30 – dan ada yang ukuran sensor mirip DSLR : X100, X100s dan X100T. Gua gak akan bahas yang kelompok ini.

Buat yang ganti lensa contohnya adalah : XA1, XM1, XPro1, XE1, XE2, XT1

X_index

 

Image Quality & Tonal

Image quality tergantung pada sensor yang digunakan. Sampai saat ini ada 3 kelompok sensor yang digunakan oleh Fuji :

  1. CMOS : digunakan di XA1
  2. XTrans1 : digunakan di XM1, XPro1, XE1 – adalah sensor khas fuji dengan ketajaman yang mumpuni karena di hilangkannya anti alias filter. Ini adalah sensor fuji yang terkenal itu.
  3. XTrans2 : digunakan di XE2 dan XT1 – ini image quality sih sama dengan XTrans1, kurang lebih lah, perbedaan utama bukan di tonal ataupun image quality. Tetapi XTrans2 sudah menggunakan teknologi yang membuat auto focus lebih cepat.

So dari segi image quality bisa dibilang kecuali XA1 (which is also good) kurang lebih sama saja. Tonal bahkan tidak bisa dibedakan antara menggunakan XE1 atau XT1. Buat saya ini sebenarnya nilai tambah, karena saya bisa motret dengan 2 body berbeda tetapi menghasilkan signature tone dan sharpness yang kurang lebih sama.

So buat mereka yang mengejar AF yang lebih baik (tetap jangan bandingkan dengan DSLR ya … masih kalah lumayan) sebaiknya menggunakan sensor XTrans2.

 

Ergonomi

Lah, lalu apa bedanya XE2 dan XT1 misalnya? Masak beda harga jauh tapi image quality sama? AF nya sama? …. ya kenyataannya begitu, memang image quality dan AF nya sama.

Perbedaan ada di bentuk, ergonomi, fitur, dll saja.

Misalnya : XT1 memiliki body yang sudah weather-resistant, anti semprotan air lah gampangnya. Dengan menggunakan lensa yang tepat tentunya ini akan jadi body andalan buat fotografi outdoor atau landscape.

XT1 memiliki EVF yang super besar dan nyaman. Dengan ukurannya yang besar memungkinkan XT1 memiliki zoom 100% ditampilkan terus menerus berdampingan dengan tampilan normal. Sangat memudahkan untuk penggunaan lensa manual.

XT1 juga memiliki tombol putar ISO tersendiri di bagian atas dari body kamera. Ini sangat mempermudah buat saya yang sering ubah ISO. Selain untuk mengubah ISO tombol putar ini juga mengubah metering, dll. Praktis dan cepat untuk setting.

Selain itu XT1 juga memiliki LCD yang bisa tilt, nyaman untuk pemotretan low / high angle.

So, image quality bisa dikatakan sama – tapi body dan ergonomi berbeda cukup signifikan. Pilih yang mana? Ya sesuai kebutuhan dan budget tentunya 🙂

 


40 thoughts on “Kamera Fuji yang mana?”

  1. Sore bang.

    mw tanaya untuk photo produk pakaian sekarang saya pakai d3200, rencana mw ganti ke xm1+35mm 1.4 bagaimana? hasil gambar lebih tajam mana yah ?saya gak tau photograpi bisanya auto 🙂

  2. halo mas, saya mau nanya nih. sekarang saya pakai xm1 lensa 35mm 1.4, nah saya rencana mau upgrade gear untuk keperluan foto produk, prewed dan juga portrait. atau apakah saya lebih baik pakai slr atau gimana? terima kasih mas

  3. salam hormat
    salam kenal

    Dan mohon saran2

    saya terlanjur beli fuji Xa2
    gak tau klo itu hanya utk selfi
    padahal maksudnya buat landscepan

    Pertanyaan
    – bisakah lensa kit Xa 2 ( 16-50 )
    itu tetap dipake utk moto landscape ( dg konsekwensi hasilnya mungkin akan kurang ) dipasangi filter ND GND CPL ?

    – lensa 35mm f2 , dipake untuk genre apa ya ?

    Terimakasiiiih

    1. 16-50 cukup memadahi untuk lensa landscape. Kualitas gambar sudah memadahi, dan bisa di pasang ND GND CPL
      Hanya saja kurang lebar sedikit saja

      35/2 adalah lensa street dan portrait

  4. selamat siang

    minta sarannya dong saya terlanjur beli Xa3 tadinya sih biar lebih ringkas aja buat tugas kuliah

    tapi baru tau tentang sensor dan di tawi BT body dengan xE1

    kira2 bisa gak lensa kit XA3 di pasangin ke XE1 , dan apakah di XE1 ada pengaturan aperture selain lewat lensa?

    terimakasih

    1. Yup bisa, semua lensa XF dan XC bisa digunakan di fuji mirrorless manapun
      Apabila aperture tidak di atur di lensa (XC lens) maka aperture di atur di body

  5. Halo. Saya pengguna kamera fujifilm xa2. Suka memotret makanan, pemandangan, street dan candid. Kira-kira lensa apa ya yang cocok? sblmnya saya menggunakan lensa bawaan 16-50 mm dan kurang puas akan hasilnya. terima kasih

    1. hemmm ini tricky …
      Kalau pemandangan biasanya butuh lebih wide, so 10-24 atau 14mm better
      Makanan butuh lensa dengan minimum focus distance dekat supaya gampang, so macro 60mm atau 80mm better
      candid on the other hand butuh lensa tele dengan bukaan lebar, 56/1.2 saran saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *