Human Interest @ Ciwidey

Sebelum mencapai kawah putih & situ patengan (yang jadi kawasan wisata yang paling populer di ciwidey) kita akan melintasi satu jembatan tua. Jembatan ini sebenarnya adalah jembatan kereta api tua yang sudah tidak lagi digunakan. Buat wisatawan biasa mungkin tidak ada “indah” nya, tapi buat fotografer, apalagi human interest maka ini obyek yang sangat menarik. Bukan hanya karena tua nya, tetapi karena lalu lintas masyarakat di sekitarnya.

Parameter pemotretan : lihat di post ini.

Foto diatas diambil setelah menunggu beberapa saat di ujung jembatan. Kebetulan mereka lewat dan jepret sebanyak-banyaknya. Post-processing dilakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop + NIK Software (Silver Effect Pro) untuk monotone Coffee nya. Nuansa monotone & gelap diberikan agar ambience “kenangan” muncul. Ide awal foto ini memang adalah “Friendship last forever” – sudah dijelaskan pada post sebelumnya.

Kadang pemotretan juga bisa dilakukan dengan kondisi non-BW :

Coba juga jelajahi sekitar area utama, mungkin kita bisa temui hal-hal menarik seperti anak-anak yang bermain di sungai. Tawa canda mereka yang polos & tulus merupakan obyek yang sangat menarik buat di tangkap. Intinya : Jangan terpaku dengan satu obyek saja, coba explore area sekitarnya. Cari obyek menarik lainnya, berkreasi dengan situasi yang ada.

Foto diatas misalnya ditemui tidak jauh dari jembatan tua tadi. Tersembunyi di balik perumahan yang ada disana. Yang menarik adalah mereka umumnya sangat senang buat di foto, sehingga pemotretan sendiri juga tidaklah sulit. Coba share dengan mereka dengan menunjukkan foto yang kita buat, mereka pasti tambah senang & beraksi.

Salah satu keuntungan kamera dengan high-resolution adalah crop yang bisa dibuat dengannya. Dalam kasus ini karena lensa tele tertinggal di mobil maka saya harus cropping cukup ketat untuk mendapatkan ekspresi si gadis kecil ini. Maaf ya buat lutut temannya di samping kanan yang jadi masuk frame dan mengganggu, mereka tidak mau pose lain soalnya hehehe.

Saya menggunakan efek “Glamour Glow” yang ada di NIK Software Color Effect Pro untuk menghasilkan kontras & efek soft focus/glow pada foto di atas. Post-processing adalah masalah selera, tentu saja foto diatas bisa di proses dengan berbagai cara. Pilihan saya kebetulan saja jatuh pada penggunaan efek ini.

Jadi, jangan terpaku dengan obyek utama … coba setelah memotret obyek utama jelajahi lingkungan sekitarnya. Siapa tahu ada obyek menarik 🙂

MOTO YUK!!!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *