Highlight Clipping Alert

Clipping adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menyatakan suatu area yang exposure-nya jauh melebihi kemampuan dynamic range kamera. Akibat dari clipping adalah hilangnya detil di area tersebut. Sama halnya dengan exposure yang mengenal shadow (bagian yang gelap) dan highlight (bagian yang terang), maka clipping-pun ada 2. Highlight clipping dan shadow clipping.

Mata manusia relatif lebih tidak bisa “berdamai” dengan highlight clipping. Hal ini dikarenakan apabila ada highlight clipping cenderung akan lebih menonjol bagi persepsi kita. Highlight clipping ditunjukkan dengan area dimana hanya ada warna putih, tanpa detil apapun.Detil tidak muncul sama sekali dikarenakan sudah melewati batas atas kemampuan sensor kamera dalam menangkap cahaya. Sekalipun menggunakan software paling canggih sekalipun kita tidak bisa mengembalikan detil di area clipping tersebut. Yang bisa dikembalikan detilnya paling hanyalah area perbatasan clipping.

Highlight clipping dikarenakan dynamic range yang tinggi di scene - courtesy of : http://flimmerings.files.wordpress.com/

Oleh sebab itulah kita berusaha menghindari highlight clipping sejauh kita bisa. Diantaranya adalah tidak memasukkan sumber cahaya (apalagi matahari) dalam frame kita, mencoba mencari alternatif sudut foto lain atau membuat sumber cahaya terhalang sehingga dynamic range scene masuk dalam kapasitas dynamic range kamera.

Pada foto sebelumnya nampak bahwa kondisi di luar ruangan dan di dalam ruangan pencahayaannya berbeda terlalu jauh. Hal ini mengakibatkan dynamic range di lokasi jauh lebih tinggi di bandingkan dengan kemampuan kamera kita untuk menangkapnya. Mengakibatkan bagian di luar ruangan nampak kehilangan detilnya (di area yang di warnai merah). Sedangkan pada foto dibawah ini karena matahari masuk ke frame maka bagian di sekitar matahari tersebut menjadi kehilangan detilnya akibat cahaya yang terlalu terang.

Highlight clipping dikarenakan matahari masuk di dalam frame - courtesy of : http://mos.photoradar.com/

Salah satu cara untuk mencegah kita terlanjur mengambil foto yang mengandung area highlight clipping adalah menggunakan fitur “Highlight Alert” yang ada di kamera. Fitur ini diaktifkan di dalam Custom Menu. Saat menu ini diaktifkan maka apabila kita mereview foto yang kita ambil di kamera, maka bagian dengan highlight clipping akan berkedip. Hal ini membuat kita bisa mereview ulang foto yang kita ambil, apakah kita memang rela “mengorbankan” area yang mengalami clipping demi area lain yang menjadi prioritas kita (biasa disebut key area).

Highlight alert in Canon - courtesy of : http://www.usa.canon.com/

Misalnya pada foto no.1 maka key area-nya adalah wajah si anak kecil. Maka apabila kita merasa bagian di luar ruangan tidak terlalu penting maka kita bisa membiarkannya mengalami highlight clipping. Jika tidak maka kita bisa menggunakan teknik lain seperti flash yang di arahkan di wajah model, atau mengubah angle pemotretan.

Apabila di kamera anda tidak tersedia highlight alert maka kita juga bisa mencoba membaca histogram yang tersedia di kebanyakan kamera. Histogram menunjukkan distribusi exposure dari foto yang kita ambil. Area sebelah kiri adalah area shadow, dan area sebelah kanan adalah highlight.

Courtesy of : http://www.usa.canon.com/

Tentu saja distribusi histogram ini tidaklah selalu “se-ideal” histogram di atas dimana mengelompok di tengah. Hal ini karena sangat tergantung pada apa yang kita foto. Akan tetapi yang kita berusaha hindari adalah lonjakan di ujung kanan dan kiri. Lonjakan di bagian paling ujung ini menyatakan adanya area clipping.

Clipped highlight histogram - courtesy of : http://www.cambridgeincolour.com/

Dengan memastikan tidak ada lonjakan di area paling ujung maka kita memastikan bahwa dalam foto kita tidak ada area yang mengalami clipping. Ingat bahwa walau kedua jenis clipping tidak diinginkan, tetapi persepsi manusia umumnya lebih “menyukai” shadow clipping dibandingkan highlight clipping.

MOTO YUK !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *