Guide to Choose Samyang / Rokinon Lenses

The-Phoblographer-Guide-to-Rokinon-Lenses-680x510

Lensa Samyang / Rokinon adalah lensa yang fenomenal. Dengan harganya yang murah, kualitas body dan image quality yang bagus, tetapi manual focus & aperture, jelas lensa ini bukan buat semua orang. So, review yang dibuat oleh PHOBLOGRAPHER ini bisa dijadikan patokan untuk memilih.

Untuk menggunakan lensa ini memang agak perjuangan. Karena seperti lensa manual umumnya, kita perlu membuka aperture ke maksimal dulu, melakukan focusing, baru melakukan step down ke aperture yang kita mau. Tanpa demikian maka viewfinder akan sangat gelap. Selain itu masalah lainnya adalah manual focusing.

Tapi kedua kendala di atas sebenarnya tidak terlalu masalah untuk lensa ultra wide / wide (dimana ruang tajam sangat lebar) atau pemotretan dengan obyek diam (misalnya arsitektur dan lanskap). So, buat yang ingin menggunakan lensa – lensa ini bisa start dengan lensa ultra wide / wide nya terlebih dahulu. Relatif mudah untuk digunakan, walaupun manual focus.

Saya pribadi ingin menggunakan 14mm nya semenjak dulu. Belum kesampaian juga haha. Sampai akhirnya malah beli Sigma 10-24 DG.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *