Going Low Angle – With SEL 10-18 f4 OSS for NEX

Salah satu trik komposisi dalam lanskap adalah menggunakan low angle. Tapi apakah benar low angle ini bisa bermanfaat? Lalu seberapa low yang kita butuhkan? Kita coba lihat perbandingannya, sebelum akhirnya saya ambil super low angle untuk foto ini :

Nature_DSC01702-web

PS : Semua foto di jepret menggunakan Sony NEX 5n + SEL 10-18mm f4 OSS pada 12mm. Saya gunakan 12mm karena saya menggunakan UV filter + GND Holder, apabila dipaksakan pada 10mm maka akan muncul vignette sangat kentara di sudut sudut foto. GND filter yang saya gunakan adalah jenis GND Reverse 0.9x

Semua foto juga sudah di post processing menggunakan Adobe Photoshop untuk meningkatkan dynamic range dari foto. Yaitu dengan melakukan dodging pada area foreground, dan burning pada area langit – terutama di area matahari terbenam. Untuk foto final saya juga tambahkan saturasi dan vibrance tools selain sedikit burning di beberapa area.

Pada foto pertama ini tripod saya dirikan cukup tinggi – kisaran 1 meter di atas permukaan tanah (dengan tinggi rumput kisaran 20cm)

Full-Retract_DSC01692-web

Dapat dilihat pada foto dengan ketinggian tinggi ini foreground nya kurang menonjol. Kurang kuat. Pattern yang terbentuk di rumput tidak bisa di exposed sepenuhnya. Jadi saya memutuskan untuk turun lagi lebih rendah, sekitar 60cm dari permukaan tanah.

Pada ketinggian ini pattern pada rumput mulai kelihatan. Walau masih belum terlihat maksimal.

Half-retract_DSC01694-web

Saya coba kemudian lebih ekstrem lagi dengan memasukkan semua kaki tripod. Membuat posisi tripod hanya sekitar 30-40cm di atas permukaan tanah. Pada ketinggian ini barulah pattern terlihat lebih menonjol . Posisi lensa saya hanya sekitar 10cm diatas permukaan rumput.

Tentunya untuk menghasilkan view seperti ini kita membutuhkan ultra-wide-angle lens. Menggunakan lensa kit saja tentunya akan kurang maksimal karena field-0f-view nya terbatas. Tidak bisa mengekspose foreground dengan sempurna.

Nature_DSC01702-web

Lesson learned : 

  • Go low … low … even lower
  • Tripod yang digunakan tentunya harus mendukung bisa sangat rendah
  • Lensa yang digunakan juga perlu yang ultra wide
  • GND Reverse cocok untuk kondisi matahari terbit / tenggelam dimana titik paling terang ada di tengah foto – sehingga GND Reverse akan membantu mengurangi highlight area tersebut

Dari percobaan awal ini saya merasakan bahwa lensa SEL 10-18 f4 ini tajam dan nyaman untuk digunakan. Filter holder (Z / 100mm Size) bahkan bisa digunakan dengan baik tanpa ada vignette, bahkan di 10mm (kalau tanpa UV – 12mm apabila menggunakan UV Slim). Tonal warnanya juga lebih akurat apabila kita bandingkan dengan Voigtlander 12mm f5.6 Leica M Mount yang dulu saya gunakan (masih prelimenary observation ya).

(Lebih review body – bukan lensa) Tonal warna sony nex buat saya agak keras / kontras / saturated apabila saya bandingkan dengan Canon. Lebih vulgar kalau bahasa saya haha. Mungkin ada orang yang akan suka, tetapi saya kurang maksimal suka nya.

Yang saya heran adalah dalam hal dynamic range. Area matahari tenggelam itu saya merasakan lebih “blow out” highlight nya dibandingkan saat saya menggunakan Canon 5d Mark II. Saya pikir awalnya dikarenakan dynamic range dari NEX 5n yang lebih rendah. Tetapi ternyata tidak. Canon 5dm2 memiliki dynamic range 11.9 EV – sedangkan Sony NEX 5n memiliki dynamic range 12.7 EV¬†(menurut DxO labs). Nampaknya saya harus mencoba nya lain kali lagi berdampingan untuk menyakinkan observasi awal saya ini.

PS : Nampaknya karakter dynamic range 5n yang menurun drastis (sementara iso yang saya gunakan iso400 supaya rumput tidak terlalu goyang karena angin) menjadi penyebabnya. Walau di ISO100 NEx 5n memiliki dynamic range lebih baik, tetapi di iso400 ternyata malah lebih buruk jika dibandingkan iso400 di canon 5dm2. Mungkin itu menjadi penyebab juga, harus di uji coba nanti berdampingan.

motoyuk signature white


5 thoughts on “Going Low Angle – With SEL 10-18 f4 OSS for NEX”

  1. slm kenal OM….
    Maaf jika salah tempat bertanya nya hbs binggung
    Mohon Petunjuk nih saya ada canon 650D versi REBEL T4i hadiah dari OM
    jika diliat menggunakan viewfinder gambarnya buram gak bgt jelas???
    apa memang bgt atau ada setingan yg lain
    MOHON bantuan nya ya om
    maklum masih baru aja punya mohon di bantu ya om. terima kasih

    1. Bisa cek :
      1. Apakah sudah fokus? Karena viewfinder dapat gambar dari lensa. Lensa tidak fokus di viewfinder juga buram
      2. Apakah diopter viewfinder sudah di posisi yang tepat? – cari info soal diopter di buku manual
      3. Kalau masih masalah maka kemungkinan viewfinder perlu dibersihkan di Canon service Centre

Leave a Reply MY-ers ...