Going Low Angle … Part 2

Nature_DSC01702-web Banyak yang tanya apakah foto di post sebelumnya menggunakan flash? Menurut my-ers bagaimana?

Hehe … foto ini tidak menggunakan flash / strobist. Melainkan dia memanfaatkan beberapa komponen :

Cahaya matahari : cahaya matahari terakhir kebetulan sudutnya masih memungkinkan untuk menyinari rumput yang ada – tidak sekedar menyinari melainkan menyinari dari belakang (backlight). Kondisi rumput yang tembus pandang membuat sinar matahari tersebut memendarkan daun daunnya.

Apabila cahaya nya dari depan (matahari di belakang saya) maka karakter warnanya akan berbeda, yaitu cahaya nya memantul. Demikian pula kalau kita menggunakan flash dari depan. Kalaupun kita ingin mengulang scene ini menggunakan flash maka sebaiknya peletakan flash juga dalam kondisi backlight. Sehingga tidak memunculkan pantulan pada permukaan rumput.

GND Reverse : tanpa GND tentunya kita tidak bisa memunculkan dynamic range seperti dalam foto ini. Antara harus memilih rumputnya seperti ini tetapi langit putih semua (over exposed), atau kebalikannya langitnya seperti pada foto di samping, tetapi rumputnya hitam semua. Peran GND sangat besar.

Jenis GND yang digunakan juga Reverse, bukan Soft Edge atau Hard Edge. Keduanya dalam kasus ini tidak akan kuat mengangkat detil pada rumput, karena matahari di tengah horizon sangat kuat cahaya nya. Kita masih mungkin mendapatkan hasil yang mirip dengan menggunakan type Hard Edge, tetapi dengan post processing (dodging) lebih banyak. Tetapi soft edge tidak akan mampu membantu mengangkat detilnya, karena di area tengah area hitamnya terlalu lemah.

Post processing : Foto ini jelas bukan hanya kerjaan kamera dan GND dan lain lain. Dynamic range setinggi ini sulit sekali diperoleh langsung dari kamera. Jadi proses dodging (memperterang) area rumput dan burning (menggelapkan) area langit adalah hal yang perlu dilakukan. Tanpanya maka foto akan jauh lebih flat / kurang dinamis. Sebagai fotografer digital paling tidak proses burning dan dodging wajib bisa dilakukan.

Semoga membantu menerangkan ….

motoyuk signature white




3 thoughts on “Going Low Angle … Part 2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *