GND yang mana?

Walau sudah di tulis di post sebelumnya, tetapi pertanyaan mengenai GND mana yang sebaiknya dipilih tetap saja banyak sekali. Sepertinya ini salah satu pertanyaan yang paling banyak saya jawab haha. Baik, mungkin saya tulis sekali lagi dengan cara berbeda, siapa tahu membantu yang masih gundah gulana.

Secara umum GND terbagi menjadi 3 jenis (ada yang jenis spesial, tapi jarang ditemukan juga) :

cikaso-ujgtg SOFT EDGE

Digunakan untuk area yang horizon nya tidak rata. Misalnya pegunungan / perbukitan / pantai dengan area berbukit.

Kalau sering memotret di area pegunungan maka jenis ini adalah yang terbaik.

Tingkat ketebalan yang disarankan? Antara 0.6 – 1.2, tidak bisa saya bilang karena sangat tergantung kondisi lapangan. Tapi pengalaman saya paling sering menggunakan 0.9 saat langit terang benderang, dan 0.6 saat lainnya.

Edo The-cloud-of-Ujung-Genteng_IMG_7833-SMALL HARD EDGE

Yang ini umum digunakan di area dengan batas horizon yang tegas, misalnya seperti contoh di samping (pantai tanpa area perbukitan).

Digunakan pada saat matahari masih di tengah tengah, belum mencapai horizon. Ini yang membedakan dengan jenis Reverse nantinya. Kalau reverse digunakan pada saat matahari sudah di horizon / mendekati horizon.

Tingkat ketebalan? Umumnya saya menggunakan 0.9. Selain dari itu digunakan juga, tetapi jauh lebih jarang lagi.

Kenjeran_DSC02293_DxO-web REVERSE GND

Jenis ini sebenarnya termasuk “special GND”. Itu sebabnya harganya lebih mahal, lebih jarang dan juga dijual satuan. Tetapi saya sangat menyukai GND yang ini, terutama untuk pemotretan sunrise / sunset dengan batas horizon jelas (pantai).

Hal ini dikarenakan GND ini menurut saya yang paling pas untuk kondisi sunset / sunrise, dimana matahari sebagai area paling terang berada di tengah. Sesuai dengan area gelap Reverse yang di tengah juga mulainya.

Exposure yang dihasilkan GND ini pada sunset / sunrise di pantai biasanya paling pas. Tidak “gosong” di langit bagian atas (Hard Edge) atau terlalu terang di area horizon (Soft Edge).

Tapi karena speciality nya maka reverse hanya bisa digunakan untuk sunset / sunrise di pantai. That’s all … agak kurang multi fungsi.

Ketebalan? 0.9 atau 1.2 merupakan ketebalan yang tepat

Jadi mana yang paling tepat untuk di beli terlebih dahulu?

Tergantung pada jenis lanskap yang paling sering kita foto. Apabila kita lebih menyukai area pegunungan maka soft adalah pilihan yang tepat untuk dibeli terlebih dahulu. Sedangkan pantai Hard / Reverse bisa dibeli lebih dahulu.

Apabila kita suka suasana sunrise / sunset maka Reverse adalah pilihan yang lebih tepat dibandingkan Hard (untuk area pantai). Tetapi kalau kita suka suasana pantai dengan langit yang biru (saat siang / cerah) maka Soft (dan kadang hard) adalah pilihan yang lebih tepat.

Pusing? Hahaha … seperti saya bilang di post sebelumnya. Filter adalah “jiwa” lanskap, jadi investasi lensa secukupnya saja (ultra-wide angle pilihan yang tepat) lalu fokus lah pada “koleksi” filter. Karena itu yang akan membantu pemotretan mu di lapangan, dan sekaligus mengurangi post – processing yang perlu dilakukan.

motoyuk signature white

21 thoughts on “GND yang mana?”

  1. Mas e, ada solusi yang sebenarnya simple, brillian dan sudah dipakai anak anak HDR sejak lama, yaitu Exposure Blending / Digital Blending di Photoshop. Hasilnya natural mendekati bila memakai GND. Tidak perlu keluar duit banyak buat Soft GND, Hard GND dan Reverse GND yang ribet menurut saya, apalagi resiko nya jatuh, wakss…

    Coba deh mas perhatiin karya sang Master Landscape Exposure Blending – Jimmy Mcyntire – http://www.shutterevolve.com/ . Tutorialnya simple dan brillian buat pencinta landscape, gak ribet kayak yang lain.

    1. saya lupa ketinggalan kasih tau tekniknya untuk exposure blending tsb, nama nya : Luminosity Mask – bisa lah sebagai alternatif kunci bila susah memutuskan memilih GND

    2. Thanks … informasi sangat berguna 🙂
      Saya melakukannya juga kok, tapi memang manual, tidak pakai RAYA.

      Cuma memang tergantung orang, saya lebih suka moto nya daripada duduk di belakang komputernya
      So buat saya pribadi GND lebih fun

      Buat yang ada kendala budget dan atau memang suka editing / punya waktunya, tentunya ini solusi yang bagus

  2. kalau untuk fotografi potret prewed sebaiknya pilih GND yang berapa stop jika viewnya kebanyakan ngambil langit?

    dan baiknya yg model kotak atau model bulat tgl pasang di lensa

    1. GND tidak tergantung genre fotonya, tapi tergantung beda exposure nya berapa stop antara langit dan foreground. Estimasi saya sih bakal sekitar 2 stop … soal bulat atau kotak, jelas kotak

Leave a Reply MY-ers ...