“Gamping” Maker @ Vietnam

Gak ngerti bahasa inggrisnya gamping apa sih? Haha, intinya ini salah satu hasil perjalanan naik sepeda di area Tamcoc, Vietnam bersama adik saya. Di ujung perjalanan kebetulan ada rumah penduduk lokal yang pekerjaannya membuat gamping, bahan campuran semen. Proses pembuatannya sendiri nampaknya batuan kapur di bakar dalam tungku yang sangat besar. Proses pembakarannya sendiri nampaknya seperti proses pembuatan arang, jadi dengan api kecil (oksigen rendah).

Tungku-nya sendiri adalah silinder yang nampak di tengah foto itu. Suhunya relatif sangat panas, apabila kita ada disana nampak bahwa udara di sekitar tungku memuai. Tentunya saya tidak berminat mendekat lebih dekat lagi.

Post-production dari foto ini sendiri menggunakan beberapa prinsip yang digunakan di post sebelumnya. Tapi disesuaikan dengan kebutuhan di foto ini. Mengapa post processing? Karena fotonya diambil di tengah hari bolong maka warna-warna tidak terlalu menonjol keluar. Oleh sebab itu saya merasa mono/dual-tone picture nampaknya akan lebih menarik dan menonjolkan obyeknya.

Beberapa layer yang digunakan diantaranya :

  • BW Layer
  • 2 Level Layer
  • Curve Layer
  • 2 Solid Color Layer

MOTO YUK!!!

Leave a Reply MY-ers ...