Gadget Update : Fuji X-E1 dan Sony NEX 5R

Minggu yang penuh dengan kejutan, ada banyak gadget baru diluncurkan dalam beberapa minggu akhir ini. Dan semuanya “mind-blowing” hahaha … so buat yang masih memikirkan mau beli mirrorless apa, dua kamera ini bisa jadi salah satu bahan pertimbangan.

Fuji X-E1 (leaked)

Beritanya masih belum sepenuhnya confirm. Tapi apabila benar, maka ini bisa jadi salah satu pilihan yang menarik. Dengan spesifikasi yang sangat mirip dengan kakaknya (Infamous : Fuji X Pro1), minus hybrid viewfinder (yang beberapa orang juga tidak sepenuhnya paham – kecuali yang pernah pakai rangefinder seperti Leica M), tapi dengan harga yang jauh lebih atraktif. Oh, ya dia juga memiliki built in flash (penting ga sih?)

Fuji seri X ini memang menarik karena sensornya superior (tanpa anti-alias), lensanya juga sangat baik (walau masih sedikit) dan tentunya : bodynya sangat seksi menggoda buat para fotografer. Klasik.

Beritanya bisa dibaca disini.

Hemmmmm … thinking to have one.

 

Sony NEX 5R

Yang satu ini juga sama menggodanya, terutama buat yang sedang mikir beli sony nex 5n. Akan diluncurkan di Oktober tahun ini dengan harga sekitar USD 750 (with kit lens).

Spesifikasi dan bentuknya mirip dengan sony nex 5n, tapi dengan tambahan AF system yang lebih cepat (hybrid antara phase detection dan contrast) dan beberapa pengaturan tombol baru (termasuk satu buah functional dial di bagian atas – di nex 7 ada 2 buah).

Selain itu sony juga membenamkan sistem transfer WiFi antara kamera ini dengan smartphone android dan apple iOS. Dengan menggunakan aplikasi yang bisa di download di market kita bisa memindahkan foto (saya rasa JPEG ya) ke smartphone kita. Akibatnya? Bisa langsung di post pro dan di unggah ke berbagai social media & instagram. Kerennnnn !!!!

Selain itu sekarang touch screen nya sudah bisa digunakan untuk shutter juga (sudah makin mirip smartphone ya?) – ini akan mempermudah pengoperasian, terutama buat lensa manual yang butuh peeking ke area tertentu, lalu jepret segera.

Walau sony masih punya PR dengan jajaran lensanya, tapi kembali lagi sony meluncurkan body kamera mirrorless yang keren. PS : Sony, tolonglah, segera berikan kami lensa lensa yang lebih baik dan canggih – kami jamin penjualanmu akan meningkat drastis.

Buat mereka yang sudah memiliki sony nex 5n, mungkin ini bukan upgrade yang cukup “value” – tapi buat yang mau beli sony mirrorless, better nunggu yang ini keluar kayaknya.


16 thoughts on “Gadget Update : Fuji X-E1 dan Sony NEX 5R”

  1. wah pasti mahal tu om, ane aja nunggu nex 5r aja blm ada di pasaran, dah mau keluar nex full frame lg aduhh…..
    oh ya om mau tanya nih low pakai nex lensa manual yg standar wajib punya ya buat pemula lah???
    hrg mahasiswa heheheheh

    1. Saya sedang coba industar 55mm f2.8 mount leica l39. Not bad untuk lens Rusia seharga 300rb rupiah.

      Atau coba carl zeiss Pancolar 50mm f1.8 mount m42

      Kalau suka wide ya voigtlander 15mm atau 12mm

  2. nanti coba ane cari lensa dr saran om.
    oh ya om low adapter M42 ke nex merek apa ya yg bagus tpi gak mahal???
    sblm nya makasih banyak info dari om

  3. om minta petunjuk lagi, mohon bantuannya lebih baik sony nex 5r atau sony nex 6,untuk kuwalitas hasil foto dan fitur menurut info yg om dpt,lg binggung
    mohon dibantu ya om…

    1. dengan senang hati membantu … sayangnyaaaaaa belum pernah jajal wkwkwk. Jadi gak bisa comment soal hasil foto.
      Tapi fitur (baca : ergonomi) saya lebih pilih nex6. Karena kontrol dial nya lebih enak, grip juga lebih enak (mirip nex7) dan ada oled viewfinder nya.
      Tapi keduanya sangat dekat sih kalau aku rasa … jadi pilih berdasarkan kebutuhan buat ergonomi yang lebih enak dan harga saja

  4. iya sih low ane baca iso nya lbh bagus nex 6 dr pd nex 5r om, hbs bingung mau ambil yg mana. low nex 6 dgn nex 7 om pilih mana?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *