Fuji X Pro1 Review – Part 2 (The Tone)

Kebetulan kantor mengadakan acara hunting model bersama. Di kesempatan ini saya sempat mencoba ganasnya tajam dan tonal Fuji X Pro 1 dengan lensa 35/1.4 nya. Berikut adalah beberapa sample, semua cenderung tidak terlalu banyak di post pro – relatif sudah “jadi” dan di potret dengan 35mm wide open di f1.4

Devina Rebecca

Ini menggunakan film simulation jenis Astia – yang di gadang gadang memang sangat cocok buat model di outdoor condition. Dengan tonal yang soft dan kontras yang lembut. Enak sekali digunakan untuk pemotretan ini (kondisi agak cloudy – AWB digunakan).

Dalam pemotretan lain saya menggunakan film simulation jenis Pro Neg Soft. Film simulation (mirip picture style kalau di Canon) ini lebih washed out lagi. Tapi pas banget digunakan untuk model di studio atau di bawah bayangan begini.

Devina Rebecca

Berikut adalah perbandingan tonal dari film simulation Astia (kiri) dan Pro Neg Soft (kanan). Keduanya pencahayaan nya mendekati sama. Dapat dilihat bahwa pro Neg memberikan tonal yang lebih wash out, tetapi masih warm. Dengan demikian sangat pas dengan skintone.

Comparison

Tidak hanya enak tonalnya, paduan kamera dan lensa ini super tajam. Lihat hasil crop 100% dari foto di bawah ini (hasil crop di ambil dari JPEG asli – tanpa penambahan sharpening dan sharpness di kamera di set = 0)

Devina Rebecca

DSCF1490

Sample lainnya (menggunakan Astia Film Simulation) :

Devina

Apakah tonal Fuji cocok untuk jenis pemotretan lain, misalnya lanskap? Saya belum coba … lensa nya kurang wide untuk main landscape dengan nyaman. So, you better wait.

Tapi overall saya rasa AWB fuji akurat, lalu skintone nya juga sangat baik. Overall tone juga enak. Kontras dan warna dari lensa 35/1.4 juga sangat pas. Well done Fuji ….


One thought on “Fuji X Pro1 Review – Part 2 (The Tone)”

Leave a Reply MY-ers ...